PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE REMAP THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIPA DI MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Savitri, Diana (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE REMAP THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM KELAS X MIPA DI MAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIANA SAVITRI T20188086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Minat baca merupakan dorongan seseorang agar tertarik untuk menggali
dan memperbanyak informasi dari kegiatan membaca. Saat ini rendahnya minat
baca menjadi salah satu problematika yang harus ditemukan solusinya. Selain
minat baca, rendahnya hasil belajar juga menjadi masalah dalam proses
pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran yang sesuai dirasa perlu untuk
mengatasi hal tersebut. Pengggunaan model pembelajaran kooperatif tipe reading
concept map think pair share dirasa perlu karena dalam pelaksanaannya terdapat
proses yang berujung pada meningkatnya minat baca dan hasil belajar.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan minat baca siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe remap think pair share; 2) untuk mendeskripsikan
hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dibelajarkan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe remap think pair share; 3)
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe remap think pair
share terhadap minat baca siswa; 4) Untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe remap think pair share terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian quasi eksperimental design, bentuk penelitian nonequivalent group
posttest only design dan pengambilan sampel dengan teknik sampling purposive.
Sampel penelitian ini yaitu kelas BIC 1 sebagai kelas kontrol dan BIC 2 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 63. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi dan uji analisis data menggunakan
uji Mann Whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kelas eksperimen memiliki
skor rata-rata minat sebesar 50,16 dan kelas kontrol 30,13; 2) kelas eksperimen
memiliki skor rata-rata kelas eksperimen 88,13 dan kelas kontrol 78,31; 3)
terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif remap think
pair share terhadap minat baca siswa dengan kriteria nilai signifikansi < 0,05
yaitu hasil uji Mann-Whitney sebesar 0,000; 4) terdapat pengaruh yang signifikan
model pembelajaran kooperatif remap think pair share terhadap hasil belajar
siswa dengan kriteria nilai signifikansi < 0,05 hasil uji Mann-Whitney sebesar
0,001.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Diana Savitri
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:35
Last Modified: 14 Dec 2022 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item