Pelaksanaan Kewajiban Isteri Dalam Rumah Tangga Berdasarkan Kompilasi Hukum Islam: Studi Terhadap Isteri Pecandu Sinetron Televisi di Desa Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten kotawaringin Barat Kalimantan Tengah

Putri, Lola Rikana (2022) Pelaksanaan Kewajiban Isteri Dalam Rumah Tangga Berdasarkan Kompilasi Hukum Islam: Studi Terhadap Isteri Pecandu Sinetron Televisi di Desa Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lola Rikana Putri_S20181143.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lola Rikana Putri, 2022: Pelaksanaan Kewajiban Isteri Dalam Rumah Tangga Berdasarkan Kompilasi Hukum Islam (Studi Terhadap Isteri Pecandu Sinetron Televisi di Desa Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah)
Kata Kunci: Kewajiban Isteri; Rumah Tangga; Kompilasi Hukum Islam.

Kewajiban dari seorang isteri secara signifikan telah diatur dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI). Selain berpedoman pada aturan Hukum Islam, Kompilasi Hukum Islam juga berpegang terhadap pokok-pokok perkawinan yang beresensi kepada Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974. Meskipun telah diatur secara detail nyatanya masih sering terjadi kekeliruan yang dilakukan oleh para isteri akan kewajibannya dalam rumah tangga. Seperti masalah yang timbul di Desa Mendawai Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat dimana isteri yang kurang menyadari bentuk tanggung jawabnya dalam mengurus rumah tangga serta rendahnya kesadaran mereka dalam melayani suami, mendidik anaknya serta menurus urusan rumah tangga. Hal tersebut terjadi akibat kegemaran mereka dalam menonton sinetron sehingga dapat dibilang menjadi pecandu sinetron yang tentunya berdampak kurang baik terhadap pelaksanaan kewajiban yang seharusnya dipenuhi seorang isteri terhadap suami serta anaknya di dalam kehidupan berumah tangga.

Adapun fokus permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana pelaksanaan kewajiban isteri pecandu sinetron televisi terhadap keluarganya di Desa Mendawai Kec. Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah?, 2) Bagaimana akibat hukum tidak terlaksananya kewajiban isteri pecandu sinetron televisi terhadap keluarganya di Desa Mendawai Kec. Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan dari kewajiban seorang isteri pecandu sinetron televisi terhadap keluarganya di Desa Mendawai, 2) Supaya memahami akibat hukum tidak terlaksananya kewajiban isteri pecandu sinetron televisi di Desa Mendawai.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif serta pendekatan secara deskriptif kualitatif dan jenis penelitian berupa lapangan (field research). Tehnik pengumpulan data melalui observasi,wawancara semi terstruktur, juga dokumentasi. Kemudian untuk menganalisa data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Selanjutnya untuk mengukur keabsahan data peneliti menggunakan tehnik triangulasi sumber.

Dalam hasil dari penelitian yang dilakukan didapat kesimpulan:1) Pelaksanaan kewajiban isteri pecandu tontonan sinetron ditelevisi belum baik dilaksanakan terhadap keluarganya dan belum terpenuhi secara sempurna dapat dilihat dari kewajiban-kewajiban yang masih ditinggalkan dan tidak dijalankan. 2) Pada pelaksanaan Kewajiban isteri dalam mematuhi perintah suami dan melayani suami, mengurus urusan rumah tangga, membimbing serta mendidik anak belum maksimal dilaksanakan dan bertentangan dengan KHI Pasal 83 ayat (1) (2) serta Pasal 77 ayat (3) dalam hal tersebut juga berakibat hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Lola Rikana Putri
Date Deposited: 14 Dec 2022 09:22
Last Modified: 14 Dec 2022 09:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item