PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP AN-NISA GUMUKMAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Aslihatul, Hafilah (2022) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP AN-NISA GUMUKMAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ASLIHATUL HAFILAH_T20187099.pdf

Download (9MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII di SMP AnNisa Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Dalam proses pembelajaran di sekolah, tidak sedikit siswa yang mempunyai hasil belajar yang rendah. Hasil belajar yang rendah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah gaya belajar yang kurang baik serta kurang sesuai dengan masing-masing siswa sehingga hasil belajarnya kurang maksimal dan lingkungan belajar yang kurang baik akan mengakibatkan pada hasil belajar.Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui gaya belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMP An-Nisa Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui lingkungan belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMP An-Nisa Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMP AnNisa Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 4) Untuk Mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP An-Nisa Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 5) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMP An-Nisa Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMP An-Nisa Gumukmas Jember. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah semua populasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pada statistik inferensial peneliti menggunakan analisis uji chi kuadrat. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gaya Belajar peserta didik kelas VIII terdapat 26 anak yang memiliki gaya belajar visual. (43%), 23 anak yang memiliki gaya belajar auditorial (39%) dan 11 anak yang memiliki gaya belajar kinestetik (18%). 2) Lingkungan Belajar peserta didik kelas VIII terdapat 8 anak yang memiliki kategori sangat tinggi (13%), 30 anak yang memiliki kategori tinggi (50%), dan 22 anak yang memiliki kategori sedang (37)%. 3) Hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII terdapat 15 anak yang memiliki kategori sangat tinggi (25%), dan 45 anak yang memiliki kategori tinggi (75%). 4) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMP An-Nisa Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 5) Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di SMP An-Nisa Gumukmas Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Aslihatul Hafilah
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:20
Last Modified: 29 Dec 2022 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15851

Actions (login required)

View Item View Item