ANALISIS YURIDIS KONFLIK ANTAR ANGGOTA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DENGAN PAGAR NUSA (STUDI KASUS PSHT DAN PAGAR NUSA KABUPATEN JEMBER)

Yanto, Moch Roby (2021) ANALISIS YURIDIS KONFLIK ANTAR ANGGOTA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DENGAN PAGAR NUSA (STUDI KASUS PSHT DAN PAGAR NUSA KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Moch Roby Yanto_S20174053_Skripsi.pdf

Download (15MB)

Abstract

Moch Roby Yanto, 2022: Analisis Yuridis Konflik Antar Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate dengan Pagar Nusa (Studi Kasus PSHT dan Pagar Nusa Kabupaten Jember)

Kata Kunci : Analisis Yuridis,Konflik, PSHT, Pagar Nusa,

​Peristiwa pengroyokan terjadi pada 17 April 2021 di Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. Berawal dari cekcok hingga pengroyokan terjadi antar anggota Perguruaan Setia Hati Terate kepada anggota Pagar Nusa, sehingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan pengrusakan rumah warga. Menjadi isu hukum ditengah berkembangnya organisasi pencak silat, kejadian tersebut merupakan sebuah perbuatan pidana yang melanggar hukum, kejadiaan ini tentu saja bertolak belakang dengan fungsi olahraga yang disebutkan dalam ketentuan Pasal 3 UU No.11 Tahun 2022 tentang keolahragaan.
Berdasarakan latar belakang di atas maka peneliti mempunyai fokus kajian : 1) Apa faktor melatarbelakangi terjadinya konflik antara anggota Pencak Silat PSHT dengan Pencak Silat Pagar Nusa di Kabupaten Jember. 2) Bagaimana pencegahan hukum konflik antara Pencak Silat PSHT dengan Pencak Silat Pagar Nusa di kaji dalam Hukum Pidana Indonesia.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami faktor latar belakang terjadinya konflik antara Pencak Silat PSHT dengan Pencak Silat Pagar Nusa di Kabupaten Jember dan memahami penecegahan hukum konflik antar pencak silat PSHT dengan Pagar Nusa dikaji dalam hukum pidana Indonesia.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yakni penelitian ilmiah yang fokus untuk menangani permasalahan yang dibahas sesuai dengan aturan hukum dan fakta-fakta sebenarnya yang terjadi di masyarakat. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan metode field reseach atau penelitian lapangan dengan wawancara dan membagikan kuisioner.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah : 1) Latar belakang terjadinya konflik antara Persaudaraan Setia Hati Terate dan Pagar Nusa di Kabupaten Jember adalah kesalahfahaman antar perguruan silat. 2) Mengenai penyelesaian konflik antara PSHT dan Pagar Nusa ialah dengan menjalin silahturahmi, mengedukasi masing-masing anggota perguruan silat dan terus meningkatkan rasa toleransi. Dari beberapa putusan pengadilan Negeri Jember yang penulis identifikasi, konflik antara PSHT dan Pagar Nusa terjadi didepan publik dan secara terang-terangan sehingga dikenai Pasal 170 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Moch Roby Yanto
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:05
Last Modified: 19 Dec 2022 01:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15852

Actions (login required)

View Item View Item