PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS PENINGGALAN BUDAYA LOKAL MENHIR PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS XII DI MA ZAINUL BAHAR WRINGIN BONDOWOSO

NUR, IMAMAH (2022) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS PENINGGALAN BUDAYA LOKAL MENHIR PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA KELAS XII DI MA ZAINUL BAHAR WRINGIN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NUR IMAMAH_T20177038.pdf

Download (9MB)

Abstract

Proses pembelajaran sangat berpengaruh pada kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika. Oleh karena itu, pendidik perlu menciptakan inovasi baru dalam proses pembelajaran, salah satu diantaranya adalah inovasi penggunaan bahan ajar berupa handout. Handout dapat dimanfaatkan sebagai penunjang tercapainya tujuan pembelajaran yaitu dengan mengintegrasikan handout dengan peninggalan budaya lokal menhir. Penelitian bertujuan untuk: (2) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan handout berbasis peninggalan budaya lokal menhir pada materi dimensi tiga untuk siswa kelas XII di MA Zainul Bahar Wringin Bondowoso. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Produk pengembangan dapat dikatakan layak apabila memenuhi aspek: (1) kevalidan (instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media), (2) kepraktisan (instrumen penelitian berupa angket respon peserta didik dan pendidik), dan (3) keefektifan(instrumen penelitian hasil tes peserta didik). Uji coba produk dilakukan dengan dua tahap yaitu uji coba kelompok sedang dan uji coba kelompok besar kelas XII IPS 1 dan IPS 2 di MA Zainul Bahar Wringin Bondowoso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan dinyatakan sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 87,78%, produk pengembangan dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan 100% untuk angket respon pendidik, 89,75% untuk angket respon peserta didik skala sedang dan 90,34% untuk angket respon peserta didik, dan produk pengembangan dinyatakan sangat efektif dengan persentase keefektifan 91,67% . Setelah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan maka produk pengembangan layak untuk digunakan.
Kata kunci: Handout, Peninggalan Budaya Lokal Menhir, Dimensi Tiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010504 Mathematical Aspects of General Relativity
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Imamah Imamah
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:28
Last Modified: 19 Dec 2022 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15872

Actions (login required)

View Item View Item