PENGEMBANGAN BAKAT SANTRI MELALUI KEGIATAN MUHADHARAH DI PONDOK PESANTREN PUTRI WALISONGO CUKIR JOMBANG

Siti Luthfiyatin, Mahmudah (2022) PENGEMBANGAN BAKAT SANTRI MELALUI KEGIATAN MUHADHARAH DI PONDOK PESANTREN PUTRI WALISONGO CUKIR JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI LUTHFIYATIN M.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siti Luthfiyatin Mahmudah, 2022 “Pengembangan Bakat Santri Melalui Kegiatan Muhadharah Di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang”
Kata Kunci: Pengembangan Bakat, Muhadharah
Bakat ialah kemampuan yang ada dalam diri seseorang yang sangat menonjol dibandingkan kemampuan lainnya. Bakat perlu dikembangkan dengan melalui kegiatan Muhadharah. Muhadharah ialah salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang bersifat menyenangkan karena dilaksanakan diluar pondok membuat santri lebih bersemangat dan mudah memahami atau menangkap materi yang disajikan.
Fokus penelitian ini yakni 1)Bagaimana pengembangan perseptual santri melalui kegiatan muhadharah Di Pondok Pesantren Putri walisongo cukir jombang. 2) Bagaimana pengembangan psikomotor santri melalui kegiatan muhadharah Di Pondok Pesantren Putri walisongo cukir jombang 3) Bagaimana pengembangan intelektual santri melalui kegiatan muhadharah Di Pondok Pesantren Putri walisongo cukir jombang.
Tujuan penelitian ini 1)Untuk mengetahui pengembangan perseptual santri melalui kegiatan muhadharah Di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang. 2)untuk mengentahui pengembangan psikomotor santri melalui kegiatan muhadharah Di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang. 3)untuk mengetahui pengembangan Intelektual santri melalui kegiatan muhadharah Di Pondok Pesantren Putri Walisongo Cukir Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan subyek peneliti ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi moderat serta observasi terus terang atau tersamar, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif model Miles Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan tri angulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yaitu 1)Dalam pengembangan perseptual santri melalui kegiatan muhadharah santri dapat mengembangkan bakatnya dengan melalui tiga tahap yakni: tahap menyiapkan tema, pelatihan materi, dan tahap penampilan. 2)Pengembangan Psikomotor santri melalui kegiatan muhadharah santri dapat mengembangkan kemampuan dengan kegiatan yang dilakukan yaitu:Pelatihan MC, Pembacaan saritilawah, penyampaian intisari dan Muhadharah(Kubro). 3) Pengembangan Intelektual santri melalui kegiatan muhadharah santri dapat mengembangkan bakatnya dengan melalui proses pengajaran, pembiasaan dan penugasan kegiatan yang telah diselenggarakan oleh pengurus dimana hal tersebut bertujuan untuk dapat menambah serta mengembangkan kemampuan santriwati. maka hal itu dalam pengembangan berpikir kritis santri, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian santriwati serta santri di suruh meringkas hasil saat menyimak kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Luthfiyatin Mahmudah
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:34
Last Modified: 19 Dec 2022 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item View Item