JUAL BELI ONLINE PAKAIAN PRELOVED DENGAN SISTEM PAKET USAHA PADA AKUN INSTAGRAM @LOVELABELKU DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH

Rachmawati, Maulida (2022) JUAL BELI ONLINE PAKAIAN PRELOVED DENGAN SISTEM PAKET USAHA PADA AKUN INSTAGRAM @LOVELABELKU DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MAULIDA RACHMAWATI S20182043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jual beli online merupakan praktik jual beli dilakukan tanpa harus berada pada satu tempat ataupun tanpa bertemu secara langsung dengan penjual, serta tidak melihat secara langsung benda yang diperjual belikan. Praktek jual beli online kini digemari banyak masyarakat sebab dirasa lebih mudah dan praktis, termasuk untuk membeli kebutuhan primer seperti pakaian. Maraknya pakaian bekas impor atau pakaian preloved di kalangan masyarakat membuat minat daya beli akan pakaian preloved naik pesat. Banyaknya penjual pakaian bekas dapat ditemui diberbagai social media, salah satunya pada platform instagram, akun yang menjual pakaian preloved pada platform instagram salah satunya yaitu akun @lovelabelku. Strategi penjualan pada pakaian preloved dilakukan banyak hal, salah satunya dengan sistem paket usaha. Paket usaha ini merupakan pembelian lebih dari satu pakaian dengan memilih salah satu jenis paket yang mana kuantitas serta kualitas barang tidak dapat diketahui pihak pembeli yang mana dapat merugikan pihak pembeli, lebih-lebih lagi transaksi dilakukan secara online.
Pada skripsi ini memuat fokus penelitian yang diteliti yakni: 1) Bagaimana praktik jual beli online pakaian preloved dengan sistem paket usaha pada akun instagram @lovelabelku?, 2) Bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap transaksi jual beli online pakaian preloved dengan sistem paket usaha pada akun instagram @lovelabelku?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang mana mengkaji secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan intraksi masyarakat, individu, kelompok, lembaga serta masyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris, penelitian ini disebut juga dengan penelitian hukum sosiologis sebab penelitian hukum ini mengkaji hukum yang dikonseptualisasikan sebagai sikap nyata (actual behavior) sebagai fenomena sosial yang tidak tertulis, yang dirasakan oleh seluruh orang dalam hidup bermasyarakat.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Praktik jual beli online pakaian preloved dengan sistem paket usaha pada akun instagram @lovelableku terdapat dua jenis paket paket usaha, yakni paket usaha basic dan paket usaha bebas pilih. Setiap paket diketahui harga beserta jumlah pakaian yang didapat. Praktik khiyar yang diberlakukan pada transaksi jual beli pakaian preloved dengan sistem paket usaha adalah khiyar syarat. 2) Tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik jual beli online pakaian preloved dengan sistem paket usaha pada akun instagram @lovelabelku syarat serta rukun jual beli online telah terpenuhi. Tetapi, terdapat unsur gharar pada kedua paket usaha ini. Pada paket usaha basic unsur gharar lebih tinggi, sedangkan paket usaha bebas pilih unsur gharar lebih rendah. Tidak adanya pengembalian DP saat pembatalan pesanan, diperbolehkan sebab menjadi uang ganti rugi oleh penjual.

Kata Kunci: Jual Beli Online, Khiyar, Pakaian Preloved

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Maulida Rachmawati
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:41
Last Modified: 11 Jan 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15877

Actions (login required)

View Item View Item