Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022/2023

Alan Maulana, Iqbal (2022) Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iqbal Alan Maulana_T20183095.pdf

Download (3MB)

Abstract

Iqbal Alan Maulana, 2022 : Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022-2023.

Kata kunci : budaya religius, kecerdasan spiritual, MTs Zainul Hasan Balung

Dalam pengelolaan lembaga pendidikan islam budaya religius merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan. Hal itu dilakukan sebagai upaya pembentukkan kecerdasan spiritual siswa. Sedangkan MTs Zainul Hasan Balung sejak tahun 1987 dianggap berhasil menerapkan budaya religius hingga saat ini.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana Proses Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022-2023. 2) Bagaimana Bentuk-Bentuk Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022-2023. Dan 3) Apa saja Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022-2023
Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan Proses Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022-2023. 2) Untuk Mengetahui Bentuk-Bentuk Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022-2023. 3) Untuk Mendeskripsikan Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Budaya Religius dalam Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa di MTs Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2022-2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) penarikan simpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Proses pengembangan budaya religius di MTs Zainul Hasan Balung meliputi tiga hal, yang pertama internalisasi, sosialisasi, dan enkulturasi. Bentuk-bentuk pengembangan budaya religius diantaranya: iklim religius, pembiasaan keagamaan yang berupa hafalan keliling dalam bentuk anjangsana, dan budaya senyum salam sapa. Yang mana bentuk-bentuk pengembangan budaya religius ini mampu mengembangkan pemikiran yang berkembang dan dapat berfikir secara jernih dalam memutuskan dan menghadapi berbabagai permasalahan. Faktor pendukung pengembangan budaya religius di MTs Zainul Hasan Balung berjalan dengan baik, baik dukungan dari sekolah, orang tua, maupun lingkungan. Sedangkan faktor penghambat di MTs Zainul Hasan Balung, seiring dengan majunya teknologi belum terselesaikan dengan baik dikarenakan keterbatasannya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Alan Maulana
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:10
Last Modified: 27 Dec 2022 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15878

Actions (login required)

View Item View Item