Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Sumberjambe

Yuliawati, Helis (2022) Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Sumberjambe. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HELIS YULIAWATI_T20189015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran, metode tidak hanya memudahkan dalam penyampaian materi namun juga dapat membantu dalam meningkatkan prestasi, membangun keceriaan dan kenyamanan dalam belajarnya.Ada berbagai metode yang dapat digunakan oleh guru diantaranya adalah metode tutor sebaya. Tutor sebaya merupakan salah satu dari metode pembelajaran berbasis active learning yang memberikan kesempatan dan mendorong pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik, dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Sumberjambe? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Sumberjambe.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperimen jenis nonequivalent Control group design. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Sumberjambe.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang dilakukan dalam pengambilan sampel ini berdasarkan nilai akademik yang hampir sama. Pengumpulan data dilakukan dengan soal pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-T Independent sample T-Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Sumberjambe. Adanya pengaruh tersebut dibuktikan dengan hasil analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji T yaitu independent sample T-Test yang mana hasil analisis tersebut diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,041. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed)<0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dilihat pula dari nilai posttest yang mana pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata posttest sebesar 71,60 sedangkan Pada kelas kontrol rata-rata nya adalah 65,40. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, hal ini disebabkan dengan penerapan metode tutor sebaya yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Unnamed user with email helisyuliawati37@gmail.com
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:56
Last Modified: 19 Dec 2022 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item View Item