PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN STRATEGI PEER GROUP (PERAN TEMAN SEBAYA) DI MADRASAH IBTIDAIYAH SAFINATUL HUDA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Safitri, Seila Nur Aida (2022) PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DENGAN STRATEGI PEER GROUP (PERAN TEMAN SEBAYA) DI MADRASAH IBTIDAIYAH SAFINATUL HUDA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI UPLOAD DIGILIB_SEILA NUR T20184119.pdf

Download (6MB)

Abstract

Seila Nur Aida Safitri, 2022: “Pembelajaran Tematik Kelas IV Materi Sumber Daya Alam Dengan Strategi Peer Group (Peran Teman Sebaya) Di Madrasah Ibtidaiyah Safinatul Huda Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023.”

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Strategi Peer Group (Peran Teman Sebaya).

Strategi peer group (peran teman sebaya) merupakan pelaksanaan pembelajaran aktif yang memanfaatkan peran teman sebaya untuk memberikan kesempatan belajar dan meningkatkan pembelajaran pada peserta didik kelas IV dalam pembelajaran tematik materi sumber daya alam.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana problematika strategi peer group (peran teman sebaya) pada pembelajaran tematik kelas IV materi sumber daya alam di Madrasah Ibtidaiyah Safinatul Huda Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi peer group (peran teman sebaya) pada pembelajaran tematik kelas IV materi sumber daya alam di Madrasah Ibtidaiyah Safinatul Huda Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi peer group (peran teman sebaya) pada pembelajaran tematik kelas IV materi sumber daya alam di Madrasah Ibtidaiyah Safinatul Huda Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan problematika strategi peer group (peran teman sebaya) pada pembelajaran tematik kelas IV materi sumber daya alam di Madrasah Ibtidaiyah Safinatul Huda Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi peer group (peran teman sebaya) pada pembelajaran tematik kelas IV materi sumber daya alam di Madrasah Ibtidaiyah Safinatul Huda Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi peer group (peran teman sebaya) pada pembelajaran tematik kelas IV materi sumber daya alam di Madrasah Ibtidaiyah Safinatul Huda Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive dengan pertimbangan tertentu dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Problematika pembelajaran meliputi perbedaan tingkat kecerdasan, minat, kemampuan, pengetahuan, lingkungan belajar dan partner belajar dalam berkelompok. 2) Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi beberapa tahapan: a) Perencanaan pembelajaran, b) Pelaksanaan pembelajaran, dan. c) Evaluasi. Faktor pendukung pembelajaran meliputi 1) adanya aktivitas antara pendidik dengan peserta didik 2) tingkat kecerdasan, pengetahuan, minat belajar peserta didik, dan 3) sarana pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat meliputi 1) lingkungan belajar yang kurang kondusif dan 2) pemilihan partner belajar yang kurang sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Seila Nur Aida Safitri
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:07
Last Modified: 19 Dec 2022 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item