PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS POTENSI LOKAL ZONA INTERTIDAL DAERAH PESISIR UJUNGPANGKAH PADA MATERI MOLLUSCA DAN ECHINODERMATA UNTUK SISWA KELAS X IPA MA KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK

FNU, Nasruddin (2022) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS POTENSI LOKAL ZONA INTERTIDAL DAERAH PESISIR UJUNGPANGKAH PADA MATERI MOLLUSCA DAN ECHINODERMATA UNTUK SISWA KELAS X IPA MA KANJENG SEPUH SIDAYU GRESIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NASRUDDIN_T20188064.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nasruddin, 2022: Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Zona Intertidal Daerah Pesisir Ujungpangkah pada Materi Mollusca dan Echinodermata untuk Siswa Kelas X IPA MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.
Kata Kunci: Ensiklopedia Mollusca dan Echinodermata, Potensi Lokal, Animalia.
Materi animalia merupakan materi yang memiliki pokok bahasan yang cukup banyak. Sub bab mollusca dan echinodermata merupakan bagian dari pokok bahasan yang ada di dalamnya dengan proses pemahaman cukup rumit. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan dengan Bapak Ir. H. Ubaidillah, S.Pd. selaku guru biologi MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, bahwa dalam proses pembelajaran biologi hanya menggunakan bahan ajar berupa buku paket yang jumlahnya terbatas dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Oleh karena itu, dalam mempelajari materi ini diperlukan bahan ajar inovatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa menunjukkan bahwa 100% siswa setuju jika terdapat variasi bahan ajar. Ensiklopedia menjadi pilihan untuk menunjang proses belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Ensiklopedia merupakan buku yang menggabungkan teks dengan gambar yang dikolaborasikan sedemikian rupa sehingga menarik. Selain itu, sebanyak 100% siswa setuju jika dikembangkan bahan ajar dengan konteks kehidupan nyata, karena rata-rata siswa belum mengetahui potensi lokal yang ada disekitarnya. Salah satu potensi yang dapat diangkat menjadi sumber belajar pada materi Animalia adalah Kecamatan Ujungpangkah yang sebagian besar wilayahnya adalah pesisir.
Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan kevalidan ensiklopedia berbasis potensi lokal zona intertidal daerah pesisir Ujungpangkah pada materi mollusca dan echinodermata untuk siswa kelas X IPA MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, 2) untuk mendeskripsikan kepraktisan ensiklopedia berbasis potensi lokal zona intertidal daerah pesisir Ujungpangkah pada materi mollusca dan echinodermata untuk siswa kelas X IPA MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik, 3) untuk mendeskripsikan keefektifan ensiklopedia berbasis potensi lokal zona intertidal daerah pesisir Ujungpangkah pada materi mollusca dan echinodermata untuk siswa kelas X IPA MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik.
Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu premilinary research, development or prototyphing phase, dan assessment phase. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ensiklopedia berbasis potensi lokal zona intertidal daerah pesisir Ujungpangkah pada materi mollusca dan echinodermata dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 90%, kevalidan oleh ahli media sebesar 95%, keavalidan oleh ahli bahasa sebesar 91% dan kevalidan oleh guru biologi sebesar 92%. (2) Hasil kepraktisan ensiklopedia berbasis potensi lokal zona intertidal daerah pesisir Ujungpangkah pada materi mollusca dan echinodermata didapatkan nilai persentase sebesar 87,5% untuk uji skala kecil dan 91,25% untuk uji skala besar dengan kategori “sangat menarik”. (3) Hasil uji pretest dan posttest menggunakan uji t diperoleh nilai sig sebesar 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan ensiklopedia. Sehingga ensiklopedia berbasis potensi lokal zona intertidal daerah pesisir Ujungpangkah pada materi mollusca dan echinodermata efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060301 Animal Systematics and Taxonomy
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060601 Animal Physiology - Biophysics
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060602 Animal Physiology - Cell
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nas rud din
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:41
Last Modified: 19 Dec 2022 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item