Pembelajaran Tematik dengan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division pada Materi IPA Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Karanganyar Kecamatan Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2021-2022

Murniati, Mega (2022) Pembelajaran Tematik dengan Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division pada Materi IPA Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Karanganyar Kecamatan Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MEGA MURNIATI_T20184115.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran tematik dengan model cooperative learning tipe student team achievement devision (STAD) pada materi IPA merupakan proses pembelajaran tematik pada materi IPA yang dilakukan dengan peserta didik belajar secara kelompok dengan beranggotakan 4-5 peserta didik dengan latar belakang prestasi yang berbeda agar peserta didik dapat belajar bekerja sama dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dengan model cooperative learning tipe student team achievement devision (STAD) pada materi IPA kelas VB di MI Al-Islamiyah Karanganyar Kecamatan Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana dampak positif dan dampak negatif pembelajaran tematik dengan model cooperative learning tipe student team achievement devision (STAD) pada materi IPA kelas VB di MI Al-Islamiyah Karanganyar Kecamatan Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2021/2022.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik dengan model cooperative learning tipe student team achievement devision (STAD) pada materi IPA kelas VB di MI Al-Islamiyah Karanganyar Kecamatan Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan dampak positif dan dampak negatif pembelajaran tematik dengan model cooperative learning tipe student team achievement devision (STAD) pada materi IPA kelas VB di MI Al-Islamiyah Karanganyar Kecamatan Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian narrative Research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi.

Penelitian ini memperoleh data 1) Pelaksanaan pembelajaran tematik materi IPA kelas VB terdiri dari tiga tahapan yaitu a) perencanaan pembelajaran meliputi; membuat silabus, membuat RPP, menyiapkan model dan metode pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran dan sumber belajar b) pelaksanaan pembelajaran meliputi; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup c) evaluasi pembelajaran meliputi; penilaian sikap, tes lisan, tes tulis. 2) Dampak positif meliputi; memudahkan pendidik menyampaikan materi, pembelajaran menjadi menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial peserta didik, meningkatkan pemahaman peserta didik. Sedangkan dampak negatif tidak semua peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, membutuhkan waktu yang banyak dalam pelaksanaannya.

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Materi IPA, Model Cooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Devision.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mega Murniati
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:22
Last Modified: 23 Dec 2022 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15887

Actions (login required)

View Item View Item