ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PEREMPUAN SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT

Murtafi`ah, Inni (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PEREMPUAN SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
INNI MURTAFI`AH_T20187069.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia dapat ditingkatkan dengan menanamkan keterampilan berpikir tingkat tinggi kepada siswa dalam lembaga pendidikan. Cara yang dapat digunakan untuk menanaman kemampuan berpikir tinggi pada siswa adalah dengan memberikan soal Higher Order Thinking Skills dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk menganalisa bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan SMA dengan tipe kepribadian introvert dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi barisan aritmatika, dan 2) untuk menganalisa bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan SMA dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi barisan aritmatika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Annuriyah Jember pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian terdiri dari seorang siswi dengan tipe kepribadian introvert dan seorang siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes tulis dan wawancara dengan triangulasi waktu dan teknik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal HOTS materi barisan aritmatika dan lembar pedoman wawancara.
Penelitian ini ditinjau menggunakan tahapan Polya dalam menyelesaikan masalah, hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa Introvert atau SI mampu memahami masalah dengan baik, namun kurang konsisten dalam merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melihat kembali hasil yang diperoleh. 2) Siswa Ekstrovert atau SE mampu memahami masalah dengan baik, konsisten dalam merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan melihat kembali hasil yang diperoleh.

Kata Kunci: Analisis, Barisan Aritmatika, Introvert dan Ekstrovert

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: INNI MURTAFI`AH
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:24
Last Modified: 23 Dec 2022 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15894

Actions (login required)

View Item View Item