Pemanfaatan Cagar Alam Watangan Puger Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Puger

HIKMAH, NABILATUL (2022) Pemanfaatan Cagar Alam Watangan Puger Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Puger. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NABILATUL HIKMAH_T20189038.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nabilatul Hikmah, 2022 : “Pemanfaatan Cagar Alam Watangan Puger Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Puger.”

Kata Kunci: Sumber Belajar, Cagar Alam Watangan Puger dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Puger perlu adanya inovasi dalam pembelajaran, sebab kurang aktifnya siswa dalam menelaah materi yang disampaikan oleh guru dan jumlah sumber belajar yang dimiliki sekolah terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut guru IPS di SMPN 1 Puger memanfaatkan sumber belajar variatif yakni Cagar Alam Watangan Puger dengan tujuan untuk menciptakan pembelajaran IPS yang lebih menyenangkan serta mempermudah siswa dalam menelaah materi yang disampaikan oleh guru.

Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran kondisi Cagar Alam Watangan Puger yang dapat digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Puger? 2) Bagaimana proses pemanfaatan Cagar Alam Watangan Puger sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Puger? 3) Bagaimana kendala-kendala yang dialami guru dalam memanfaatkan Cagar Alam Watangan Puger sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Puger?

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini memperoleh hasil kesimpulan : 1) Gambaran kondisi Cagar Alam Watangan Puger yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS adalah potensi topografi batuan yang dimiliki oleh cagar alam, flora dan fauna yang khas serta unik diantaranya pohon waru laut, pohon jati, pohon nyamplung, pohon klampis dan monyet abu-abu ekor panjang. 2) Proses pemanfaatan Cagar Alam Watangan Puger dilakukan melalui 3 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 3) Kendala yang dialami guru dalam memanfaatkan Cagar Alam Watangan Puger sebagai sumber belajar IPS ada dua yakni terbatasnya waktu dan terbatasnya sarana prasarana yang dimiliki sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss NABILATUL HIKMAH
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:45
Last Modified: 20 Dec 2022 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15898

Actions (login required)

View Item View Item