PRAKTIK PEMINANGAN OLEH PEREMPUAN KEPADA LAKI-LAKI DI DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN PERSPEKTIF KESETARAAN GENDER

Syarifah, Kamilah Rahmah (2022) PRAKTIK PEMINANGAN OLEH PEREMPUAN KEPADA LAKI-LAKI DI DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN PERSPEKTIF KESETARAAN GENDER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SYARIFAH KAMILAH RAHMAH_S20181073.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Peminangan Perempuan, Perspektif Kesetaraan Gender.

Kajian pada skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya tradisi peminangan (khitbah) yang dilakukan untuk menghormati dan menjaga tradisi atau kebiasaan yang telah diturunkan oleh leluhurnya, serta untuk menghindari terjadinya kemaksiatan. Selain itu masyarakat juga meyakini agar pihak keluarga perempuan menjadi lebih terpandang dan terhormat dikalangan masyarakat karena menjalankan tradisi tersebut. Adapun dalam praktik peminangan yang dilakukan oleh seorang perempuan di Desa Sidokumpul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan ini menimbulkan adanya kesetaraan gender dalam praktik peminangan.
Penelitian ini dilakukan 1.) untuk mengungkap mengenai apa yang melatarbelakangi terjadinya praktik peminangan oleh seorang perempuan kepada seorang laki-laki di Desa Sidokumpul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan ? 2.) serta bagaimana Perspektif kesetaraan gender terhadap praktik peminangan oleh perempuan kepada laki-laki di Desa Sidokumpul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan ?
Tujuan penelitian ini 1.)Untuk menjelaskan mengenai apa saja faktor yang melatar belakangi adanya praktik peminangan yang dilakukan oleh perempuan kepada laki-laki di Desa Sidokumpul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. 2.) Menjelaskan bagaimana pandangan dalam Perspektif kesetaraan gender mengenai seorang perempuan yang melakukan peminangan kepada seorang laki-laki.
Adapun metode Penelitian yang digunakan oleh penulis ini ialah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi pada masyarakat Desa Sidokumpul.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan : 1.) bahwa praktik peminangan yang dilakukan oleh perempuan kepada laki-laki di Desa Sidokumpul ialah adanya faktor ekonomi serta adanya anggapan apabila melakukan tradisi tersebut maka akan dipandang lebih terhormat dikalangan masyarakat. 2.) Adapun dalam Perspektif kesetaraan gender peminangan yang dilakukan oleh wanita kepada pria ini diperbolehkan asal tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170105 Gender Psychology
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2102 Curatorial and Related Studies > 210202 Heritage and Cultural Conservation
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Syarifah Kamilah Rahmah
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:16
Last Modified: 19 Dec 2022 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item