STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT DALAM BERTRANSAKSI DENGAN MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN KOTAK DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT MITRA JAYA MANDIRI KANTOR KAS WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO

Anggraeni, Fityana Ayu (2022) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT DALAM BERTRANSAKSI DENGAN MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN KOTAK DI PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT MITRA JAYA MANDIRI KANTOR KAS WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fityana Ayu Anggraeni, Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si 2022: Strategi Pemasaran untuk Menarik Minat Masyarakat dalam Bertransaksi Menggunakan Produk Tabungan Kotak di PT. Bank Perkreditan Rakyat Mitra Jaya Mandiri Kantor Kas Wringin Kabupaten Bondowoso.
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yaitu menjalankan fungsi intermediasi atau perantara keuangan dengan mengumpulkan dana masyarakat dan menyalurkannya kembali ke masyarakat, baik dalam bentuk kredit maupun dalam bentuk lainnya yang bertujuan untuk mendorong kegiatan usaha masyarakat. Untuk menjalakan fungsinya agar mencapai tujuan dari perusahaan diperlukan adanya strategi pemasaran yang baik untuk memperoleh share pasar yang luas, serta mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana minat masyarakat dalam bertransaksi dengan menggunakan Produk Tabungan Kotak di PT. BPR Mitra Jaya Mandiri Kantor Kas Wringin Kabupaten Bondowoso? (2) Bagaimana strategi pemasaran untuk menarik minat masyarakat dalam bertransaksi dengan menggunakan Produk Tabungan Kotak di PT. BPR Mitra Jaya Mandiri Kantor Kas Wringin Kabupaten Bondowoso?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan minat masyarakat dalam bertransaksi dengan menggunakan Produk Tabungan Kotak di PT. BPR Mitra Jaya Mandiri Kantor Kas Wringin Kabupaten Bondowoso. (2) Untuk mendeskripsikan strategi pemasaran untuk menarik minat masyarakat dalam bertransaksi dengan menggunakan Produk Tabungan Kotak di PT. BPR Mitra Jaya Mandiri Kantor Kas Wringin Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) minat masyarakat dalam bertransaksi menggunakan produk Tabungan Kotak masih kurang, dikarenakan tidak adanya sistem jemput bola yang dilakukan setiap hari, dan tidak adanya mesin ATM untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi. (2) strategi pemasaran untuk menarik minat masyarakat dalam bertransaksi menggunakan produk Tabungan Kotak menggunakan bauran pemasaran 7P & 1C yaitu product, place, price, people, process, physical evidence, dan customer service.

Kata Kunci: strategi pemasaran, bauran pemasaran, minat masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Fityana Ayu Anggraeni
Date Deposited: 19 Dec 2022 02:26
Last Modified: 19 Dec 2022 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15907

Actions (login required)

View Item View Item