Analisis metode belajar mandiri pada materi Al-Qur'an Hadits kelas VIII di MTs Mambau'ul Ulum Desa Andungsari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2021/2022

Huda, Bahrul (2022) Analisis metode belajar mandiri pada materi Al-Qur'an Hadits kelas VIII di MTs Mambau'ul Ulum Desa Andungsari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ Jember.

[img] Text
Skripsi- Bahrul Huda T20171390.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari keinginan peneliti untuk mempelajari lebih dalam terkait langkah-langkah, hasil, dan kendala dari penerapan metode belajar mandiri pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Mamba'ul Ulum Desa Andungsari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022. Melalui penelitian yang berbasis analisis data.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk 1). Bagaimana langkah-langkah metode belajar mandiri pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Mamba'ul Ulum Desa Andungsari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. 2). Bagaimana hasil metode belajar mandiri pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Mamba'ul Ulum Desa Andungsari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. 3). Bagaimana kendala metode belajar mandiri pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Mamba'ul Ulum Desa Andungsari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif ialah untuk membuat deskripsi, menggunakan teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini terdapat dua macam yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data dari pemikiran Miles dan Huberman.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut, 1. Langkah-langkah belajar mandiri pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Mamba'ul Ulum Desa Andungsari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo yaitu sebagai berikut: a). Siswa menetapkan tujuan, b). Siswa mengukur kemajuan diri, c). Siswa mengukur kemajuan diri, d). Siswa yang menunjukkan kecakapan melalui penilaian Autentik ialah siswa mendomenstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan masalahnya. 2. Hasil belajar mandiri pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Mamba'ul Ulum Desa Andungsari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo yaitu sebagai berikut: a). Menumbuhkan motivasi dan memupuk rasa percaya diri, b). Lebih kreatif dan aktif mencari sumber belajar, c). Semakin baik dalam mengenal diri sendiri, d). Meningkatnya prestasi belajar. 3. Kendala belajar mandiri pada materi Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Mamba'ul Ulum Desa Andungsari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo antara lain yaitu: a). Dari diri sendiri, b). Sarana dan prasarana yang belum memadai, c). Lingkungan sekitar, d). Evaluasi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Huda
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:14
Last Modified: 27 Dec 2022 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15919

Actions (login required)

View Item View Item