Realisasi Pengendalian Risiko Kredit Pada Jual Beli Material Bangunan Menurut Zaid Bin Ali Di Toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember

CB, Nur Oktafiani Tutut (2022) Realisasi Pengendalian Risiko Kredit Pada Jual Beli Material Bangunan Menurut Zaid Bin Ali Di Toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NUR OKTAFIANI TUTUT CB_E20162105.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Oktafiani Tutut CB, Nurul Setianingrum: Realisasi Pengendalian Risiko Kredit Pada Jual Beli Material Bangunan Menurut Zaid Bin Ali Di Toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember
Zaid bin Ali merupakan pakar ekonomi islam yang merupakan penggagas awal penjualan suatu komoditi secara kredit dengan harga yang lebih tinggi dari harga tunai
Di Desa Mumbulsari Praktek jual beli secara kredit sudah dikenal dan terjadi begitu lama, dimana terdapat sebuah toko material bangunan yaitu toko Surya Mega yang menerima sistem jual beli kredit. Usaha toko Surya Mega Mumbulsari ini cukup banyak diminati oleh para konsumen, karena kekeluargaan antara penjual dan pembeli sangat erat. Penjual tidak hanya menjadikan pembeli sebagai raja, tetapi juga sebagai kerabat. Hal tersebut yang membuat usaha toko Surya Mega dikenal sampai beberapa desa. Berbelanja di toko Surya Mega Mumbulsari sangat menarik karena banyak perbedaan dengan toko-toko bangunan lain di sekitar mumbulsari. Kelebihan itu juga nampak dari toko Surya Mega yang menjual dengan sistem kredit dan bahan-bahannya juga lengkap.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1. Bagaimana praktik jual beli kredit yang dilakukan pada jual beli material bangunan di Toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember, 2. Bagaimana realisasi pengendalian risiko kredit pada jual beli material bangunan di Toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember, 3. Bagaimana relevansi pandangan Zaid Bin Ali atas jual beli kredit di Toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive, yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalhan yang akan ditelitu. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Praktik jual beli kredit yang dilakukan pada jual beli material bangunan di Toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember memiliki dua sistem pembayaran yakni pembelian barang secara tunai dan pembelian barang secara kredit. 2. Realisasi pengendalian risiko kredit pada jual beli material bangunan di Toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember melalui menghindari risiko dan mengendalikan risiko. 3. Relevansi pandangan Zaid Bin Ali atas jual beli kredit di toko Surya Mega Desa Mumbulsari Kabupaten Jember yaitu sebagaimana sistem pembelian kredit pada umumnya, harga ditawarkan lebih tinggi dari harga penjualan secara tunai.
Kata Kunci : Kredit, Pengendalian Resiko, Jual Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Nur Oktafiani Tutut CB
Date Deposited: 20 Dec 2022 01:38
Last Modified: 20 Dec 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item View Item