Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo

Maulana, Moh Rizqi (2022) Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MOH RIZQI MAULANA T20181405 SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Moh Rizqi Maulana, 2022: Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Al-Qur'an, Metode Demonstrasi
Kemampuan membaca al-Qur’an adalah kesanggupan, kecakapan, dan kekuatan seseorang dalam membaca al-Qur’an X Agama dan memahami maksud serta mengerti makna yang terkandung dalam bacaan. Dalam kemampuan membaca al-Qur’an yang harus dicapai yaitu ilmu tajwid dan makhorijul huruf yang baik dan benar.
fokus penelitian ini sebagai berikut : Bagaimana kemampuan membaca Al-Quran siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo? Bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo ? Bagaimana efektifitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo ?
Tujuan penelitian ini adalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca al -Quran siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo; dan 3) Untuk mendeskripsikan efektifitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Quran siswa X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus teknik analisis data kualitatif pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif interaktif Miles Huberman dan Joni Saldana, 1) Kondensasi Data; 2) Penyajian Data; dan 3) Penarikan Kesimpulan. Penulis menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an menggunakan metode demonstrasi pada peserta didik kelas X Agama MAN 2 Kabupaten Probolinggo. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo masih sebagian yang mampu membaca Al-Qur'an dengan lancar dikarenakan masih belum mencapai standar indikator kemampuan membaca Al-Qur'an yang terdiri dari makhorijul huruf, sifatul huruf, dan hukum-hukum tajwid. 2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an Menggunakan metode demonstrasi yang terdiri kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup. Kegiatan awal diantaranya: salam, doa dan membaca surat surat pendek, mengabsen, dan mereview pembelajaran sebelumnya. Kegiatan inti diantaranya: membaca ayat Al-Qur'an, menyampaikan dan menunjukkan bacaan hukum tajwid dalam ayat Al-Qur'an. Kegiatan penutup diantaranya rangkuman, penguatan, dan berdoa. 3) Efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an X Agama di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo ini sudah efektif siswa dapat secara langsung melakukan pengamatan terhadap apa yang di sedang diperagakan oleh guru dan juga dapat dilihat dari keaktifan siswa yang serius selama kegiatan pembelajaran Al-Qur'an menggunakan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Rizqi Maulana
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:10
Last Modified: 20 Dec 2022 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item