Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Santri Melalui Progam Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thullab Sukomaju Srono Banyuwangi

hikmah, alfi sifaul (2021) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Santri Melalui Progam Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thullab Sukomaju Srono Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Sddiq Jember.

[img] Text
Alfi Sifaul Hikmah_T20171001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alfi Sifaul Hikmah, 2021: Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Progam Madrasah Diniyah Takmiliyah di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thullab Sukomaju Srono Banyuwangi

Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui progam madrasah diniyah adalah pendidikan yang menanamkan nilai-nilai moral kepada santri. Dan memberikan pelajaran kepada santri mengenai pengetahuan moral dalam upaya mencegah perilaku yang menyimpang melalui pembelajaran dan progam-progam yang ada di madrasah diniyah. Madrasah diniyah adalah salah satu lembaga pendidikan Islam nonformal memiliki peran penting dalam mencetak generasi- generasi yang Islami. Madrasah artinya adalah tempat belajar diniyah adalah keagamaan, artinya adalah tempat belajar ilmu-ilmu agama.
Berdasarkan uraian di atas, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana implementasi penguatan nilai karakter religius melalui madrasah diniyah Takmiliyah di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thullab?, 2) Bagaimana implementasi penguatan nilai karakter komunikatif melalui madrasah diniyah Takmiliyah di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thullab?, 3) Bagaimana implementasi penguatan nilai karakter tanggung jawab melalui madrasah diniyah Takmiliyah di Pondok Pesantren Nahdlatuth Thullab?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitain ini adalah jenis penelitian deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif teori milik Miles dan Huberman yang mengatakan analisis data terbagi menjadi tiga aktifitas bersamaan: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas data, atau triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun beberapa kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: 1) Nilai karakter religius terdapat nilai akhlak didalamnya dan dilaksanakan dua kegiatan yaitu: kegiatan pembelajaran kitab dan implementasi pembelajaran kitab dalam kegiatan madrasah diniyah. Ada dua akhlak kepada Tuhan yakni santri diwajibkaan membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, kegiatan yang berhubungan akhlak dengan sesama yakni bersikap sopan santun kepada guru dan santri lainnya dengan menggunakan bahasa Jawa halus, 2) Nilai karakter komunikatif didalamnya dilaksanakan suatu pembiasaan kepada santri dengan cara membentuk kelompok diskusi dan presentasi agar santri bisa memilki sikap yang bersahabat, komunikatif dan mudah bergaul. 3) Nilai karakter tanggung jawab didalamnya juga dilaksanakan pembiasaan kepada santri madrasah diniyah dengan cara hafalan dan ujian semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: alfi sifaul hikmah
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:14
Last Modified: 23 Dec 2022 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item