Implementasi Evaluasi Model CIPP Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas VIII di SMP Darusyafaah Setail Genteng Tahun Pelajaran 2021/2022

Dewi, Helmiah Angga (2022) Implementasi Evaluasi Model CIPP Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas VIII di SMP Darusyafaah Setail Genteng Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Helmiah Angga Dewi T20171136.pdf

Download (3MB)

Abstract

CIPP merupakan singkatan dari (Countex, Input, Process dan Product). Berdasarkan observasi bahwa sebagian besar soal evaluasi ujian berasal dari internet hal ini menunjukan belum adanya model khusus untuk menyeleksi oleh karena itu evaluasi model CIPP diterapkan dalam penelitian ini.
Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan dan Hasil Evaluasi Model CIPP (Countexs,Input, Proses, Product) pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas VIII SMP Darusyafaah Genteng tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian adalah: Untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Hasil evaluasi model CIPP (Countexs,Input, Proses, Product) pada sejarah kebudayaan islam pada siswa kelas VIII SMP Darusyafaah Genteng tahun pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian teknik pusposive,sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi pastisipan, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Langkah-langkahnya yaitu kondensasi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini (1) Perencanaan countexs diantaranya ditentukan oleh guru dan kepala sekolah menentukan lingkungan tempat belajar, seperti masjid, ruang TIK, Perpustakaan, laboratorium dan toilet, perencanaan evaluasi input diantaranya menentukan bahan ajar, kurikulum menentukan kesiapan peserta didik dan sarana pembelajaran, perencanaan evaluasi Process diantaranya menentukan metode apa yang akan dilaksanakan terhadap peserta didik dalam aktivitas pembelajaran merencanakan penggunaaan media yang dibutuhkan untuk materi yang akan diajarkan dan mempersiapkan soal atau pekerjaan rumah, perencanaan evaluasi product diantaranya menentukan soal untuk ujian diakhir materi yang telah disampaikan oleh pendidik. (2). Pelaksanaan evaluasi countexs dilaksanakan dengan menentukan dan menggunakan tempat yang digunakan untuk pembelajaran, evaluasi input dilaksanakan dengan mengevaluasi kurikulum, bahan ajar buku PAI pada materi SKI 2021/2022, pelaksanaan evaluasi process dilaksanakan melalui evaluasi RPP, evaluasi product dilaksanakan pada akhir semester atau ujian tertentu yang diadakan dilembaga dengan memberikan beberapa jumlah butir soal. (3) Hasil evaluasi Countex tersedianya lingkungan tempat belajar yang memadai, hasil evaluasi Input 25 siswa kelas VIII, dengan menggunakan K-13 bahan ajar buku SKI tahun 2021/2022, sarana belajar menggunakan proyektor dan alat tulis. hasil evaluasi proces menggunakan metode ceramah dengan kegitan siswa mendengarkan, membaca dan merangkum, hasil evaluasi product ditunjukan pada hasil nilai belajar pada materi SKI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160499 Human Geography not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Helmi Helmiah Angga Dewi
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:14
Last Modified: 21 Dec 2022 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15969

Actions (login required)

View Item View Item