IPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MEDIA KARTU PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rizqiyah, Riz (2022) IPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MEDIA KARTU PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZQIYAH _T20184112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Saintifik menggunakan media kartu pasangan pada peserta didik kelas IV merupakan pelaksanaan pembelajaran Tematik yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi, menggunakan bantuan media kartu pasangan, yaitu kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban. Dengan hal itu peserta didik dapat aktif mengkontruk konsep dan prinsip melalui tahapan 5M tersebut. Tematik sendiri merupakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu bahan ajar. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Media Kartu Pasangan yang dapat Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2021/2022?; 2) Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Media Kartu Pasangan di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Pembelajaran Tematik Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Media Kartu Pasangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar peserta didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2021/2022?; 2) Untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar peserta didik dalam Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Media Kartu Pasangan di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan data pendukung yaitu statistik deskriptif, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: 1) Proses pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik berbasis media kartu pasangan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pedoman Suharsimi Arikunto. Dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya ada tiga pertemuan dan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan ada tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup; 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada tahap prasiklus nilai rata-rata sebesar 57,66 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata 65,30 dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata sebesar 76,30. Begitu juga persentase peserta didik yang berhasil dalam setiap siklusnya juga meningkat, pada tahap prasiklus 46,26 % peserta didik dan pada siklus I 53,06% peserta didik serta pada siklus II 84,30% siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik, Media Kartu Pasangan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rizqia riz arman
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:01
Last Modified: 26 Dec 2022 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15982

Actions (login required)

View Item View Item