Implementasi Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqih An-Najasaat Di Pondok Pesantren Al-Bidayah

Achmad, Azmi Aldino (2022) Implementasi Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqih An-Najasaat Di Pondok Pesantren Al-Bidayah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACHMAD AZMI ALDINO_T20181409.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Fiqih An-Najasaat
Dalam melaksanakan proses pembelajaran seorang guru dianjurkan menerapkan beberapa macam metode mengajar. Tidak hanya sekedar teori saja yang disampakan namum perlu adanya contoh secara langsung utamanya dalam pembelajaran fiqih mengenai najis karena sangat berkaitan dengan keabsahan sholat. Namun sayangnya pembelajaran fiqih mengenai masalah najis dalam kegiatan fiqih praktek di Pondok Pesantren Al-Bidayah masih dikategorikan belum efektif lebih disebabkan karena masih ada beberapa santri yang masih belum bisa mengatasi masalah najis secara mandiri.
Oleh karenanya, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqih An-Najasaat di Pondok Pesantren Al-Bidayah ? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung Implementasi Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqih An-Najasaat di Pondok Pesantren Al-Bidayah ?. Adapun tujuan penelitian ini diantaranya ialah: 1) Mendeskripsikan Implementasi Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqih An-Najasaat di Pondok Pesantren Al-Bidayah. 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung Implementasi Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqih An-Najasaat di Pondok Pesantren Al-Bidayah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumentasi. Selain itu, analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Pada tahap pengabsahan data yang didapatkan, peneliti menggunakan dua teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) implementasi metode demonstrasi dilaksanakan dengan dua tahapan, yaitu tahap pesiapan yakni pengalokasian waktu serta menyiapkan sarana dan prasarana. Tahap pelakasanaan yaitu, kegiatan pembuka yakni pembacaan tawassul dan do’a, kemudian kegiatan inti yakni penyampaian materi fiqih tentang najis secara umum dilanjut menjelaskan hikmah dibalik pensyariatan najis kemudian mempraktekkan cara mengatasi najis berdasarkan pembagiannya disertai alat-alat yang telah disiapkan seperti ember, sikat gigi, pasta gigi, gayung dan juga air serta guru pembina fiqih memanggil beberapa santri maju kedepan kelas sebagai peraga. Dilanjut kegiatan penutup yaitu sesi tanya jawab dan do’a bersama. 2) faktor penghambat implementasi metode demonstrasi yaitu faktor internal yakni kurangnya motivasi dari santri sehingga muncul rasa malas dalam pembelajaran. Sedangkan faktor eksternalnya yakni ketersediaan waktu yang sangat terbatas sehingga keselurhan santri tidak dapat mempraktekkan secara langsung di depan kelas. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu Faktor internal, yakni sikap antusias yang tinggi dari para santri pada saat pembelajaran dimulai. Sedangkan faktor eksternalya, yakni sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Azmi Aldino
Date Deposited: 23 Dec 2022 09:29
Last Modified: 23 Dec 2022 09:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15983

Actions (login required)

View Item View Item