PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PRODUK CERITA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Achmad, Qufron (2022) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PRODUK CERITA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Qufron T20181412.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci:Strategi Pengembangan, Metode Pembelajaran, Produk Cerita

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menuntut setiap guru maupun individu untuk mampu beradaptasi di dalamnya, begitu pula dewasa ini banyak dijumpai peserta didik yang nilai akademis agamanya baik akan tetapi dalam segi prakteknya masih kurang. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu memadukan antara keduanya, yaitu perkembangan teknologi informasi dan pemahaman agama, salah satu sekolah yang menerapkannya adalah SMAN 3 Jember.
Fokus permasalahan penelitian dalam skripsi ini adalah:1)Bagaiamana pengembangan pembelajaran berbasis produk cerita sebagai metode pembelajaran Pendidikan agama islam di sekolah menengah atas Negeri 3 Jember? 2)Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Terhadap Implementasi menggunakan pembelajaran berbasis produk cerita sebagai metode pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah atas Negeri 3 Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah:1)Untuk menciptakan pembelajaran berbasis produk cerita sebagai metode pembelajaran PAI di SMAN 3 Jember. 2)Untuk menjelaskan sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran melalui produk cerita sebagai metode pembelajaran PAI di SMAN 3 Jember.
Untuk menganalisis permasalahan tersebut, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan menggunakan tekhnik pengumpulan data:1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi tekhnik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan di lapangan, baik berdasarkan sebuah anggapan secara teori maupun observasi dalam berbagai tahapan di dalam pelaksanaan, maka dapat diambil sebuah kesimpulan:1) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model produk cerita di SMAN 3 Jember adalah banyaknya siswa yang ada saat mengikuti kegiatan pembelajaran, Pendidikan Agama Islam di dalam kelas. Sehingga ini membuat siswa yang senang dalam belajar Pendidikan Agama Islam, ini terlihat siswa memiliki motivasi belajar yang cukup baik. 2) Pelaksanaan model pembelajaran melalui produk cerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 3 Jember berjalan dengan baik, namun hal ini tidak terlepas adanya sebuah faktor pendukung diantara nya Guru mata pelajaran yang profesional dalam bidangnya khususnya PAI. Faktor penghambat Hambatan muncul dari sesorang siswa yaitu tidak banyak siswa yang sanggup berfikir kritis serta tidak beraninya untuk menyampaikan sebuah pendapatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Achmad Qufron
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:55
Last Modified: 26 Dec 2022 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15984

Actions (login required)

View Item View Item