Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas VIII SMPN 2 Genteng Banyuwangi

Maesaroh, Riska (2022) Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Kelas VIII SMPN 2 Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RISKA FINIDA MAESAROH_T201810071.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Riska Findia Maesaroh, 2022 : Analisis minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Kelas VIII SMPN 2 Genteng Banyuwangi
Kata Kunci : Minat Belajar Siswa, Faktor yang mempengaruhi dan menghambat, Mata pelajaran IPA
Hakikat dari kegiatan belajar mengajar adalah prestasi, prestasi untuk memperoleh ilmu pengetahuan dari berbagai macam budaya belajar. Sejauh ini SMP Negeri 2 Genteng selalu menonjol dalam prestasi non akademik. Berbagai upaya dilakukan untuk dapat meningkatkan prestasi akademik siswa, upaya tersebut tidak akan banyak membuahkan hasil jika tidak memperhatikan faktor-faktor yang mendukung ataupun yang menghambat, yakni peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan di sekolah, karena sekolah sebagai tempat peserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk mengetahui seberapa minat belajar siswa dalam bidang akademik khususnya mata pelajaran IPA.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini diantaranya yaitu analisis minat belajar siswa SMP Negeri 2 Genteng terhadap mata pelajaran IPA materi getaran, gelombang dan bunyi. Dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat minat belajar IPA materi getaran, gelombang dan bunyi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dan faktor yang mendukung dan menghambat minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Genteng terhadap mata pelajaran IPA materi getaran, gelombang dan bunyi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Genteng kelas VIII. Sampel penelitian ini adalah 59 peserta didik kelas VIIIE dan VIIIF serta 3 guru mata pelajaran IPA. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket (kuesioner), wawancara, dokumentasi dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dapat ditinjau dari beberapa indikator, yaitu: perasaan senang, ketertarikan siswa, perhatian dalam belajar, dan partisipasi siswa. Berdasarkan hasil pada tiap indikator, sebagaian besar siswa memiliki minat belajar terhadap mata pelajaran IPA materi getaran, gelombang, dan bunyi. Namun masih ada hal yang perlu ditingkatkan supaya semakin baik secara keseluruhan. Untuk faktor pendukung minat belajar IPA yakni: faktor intelegensi, bakat, sikap siswa. Serta peran dari guru dan orang tua yang selalu mendukung dan memotivasi. Sedangkan faktor penghambat yakni: materi yang menurut siswa sulit, kurangnya literasi , dan laboratorium IPA yang belum digunakan secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mis Findia Maesaroh
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:20
Last Modified: 27 Dec 2022 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15996

Actions (login required)

View Item View Item