Jihad dalam perspektif Abu Abdillah Muhammad Al-Qurṭubi dan Muhammad Mutawalli As-Sya'rawi: Studi analisis komparatif kitab Tafsir Al-Jami' Li Ahkam Al-Qur'an wa Al-Mubayin dan kitab Tafsir Khawaṭir As-Sya'rawi

Syafi, Muhammad Farouq Auni (2022) Jihad dalam perspektif Abu Abdillah Muhammad Al-Qurṭubi dan Muhammad Mutawalli As-Sya'rawi: Studi analisis komparatif kitab Tafsir Al-Jami' Li Ahkam Al-Qur'an wa Al-Mubayin dan kitab Tafsir Khawaṭir As-Sya'rawi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Farouq Auni Syafi_U20181014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)

Abstract

Maraknya tindakan terorisme dan radikalisme yang mengatasnamakan ajaran jihad dalam agama Islam telah menggemparkan dunia dan meresahkan masyarakat. Menimbulkan pertumbuhan serta penyebaran persepsi yang salah akan makna jihad, yaitu seolah jihad merupakan sisi buruk dalam ajaran agama dan mendapat term negatif. Diperkuat juga dengan sebagian kecil ekstremis yang mengusungnya menjadi slogan kelompok. Belum lagi dengan adanya fenomena peyorasi makna dalam masyarakat modern yang menyebabkan pemaknaan makna jihad semakin menyempit dan dianggap sebagai ajaran kebencian. Akan tetapi, perlu diketahui bahwasanya banyak ulama’ yang berusaha menafsirkan dan memaknai jihad, utamanya dalam ayat Al-Qur’an dengan pandangan yang lebih moderat dan bersifat toleran sehingga dapat diterima oleh berbagai kalangan. Meski demikian, terdapat opini bahwa ulama’ yang mencoba memaknai jihad yang lebih moderat merupakan ulama’ terdahulu yang masa penafsirannya telah dianggap tidak relevan lagi ataupun ulama’ kontemporer/modern yang penafsirannya dianggap telah dimasuki kepentingan pribadi sehingga patut dipertanyakan. Dalam hal ini, diperlukan perbandingan antara ulama’ klasik dan kontemporer yang sama-sama diakui kedalaman ilmunya dan memiliki kompetensi untuk melakukan penafsiran. Dua orang mufassir yang cukup terkenal dalam dua masa tersebut antara lain adalah Syekh al-Qurṭubi dari masa mufassir klasik dan Syekh asy-Sya’rawi dari masa kontemporer-modern.
Fokus penelitian yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penafsiran kata jihad dalam kitab Tafsir al-Qurṭubi dan Tafsir Sya’rawi?, (2) Apakah yang mempengaruhi penafsiran yang dilakukan oleh Syekh al-Qurṭubi dan Syekh asy-Sya’rawi?, (3) Bagaimana perbandingan penafsiran kata jihad pada kedua kitab tersebut?, (4) Bagaimana implikasi dari perbandingan penafsiran kedua mufassir itu?
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian library research (studi pustaka). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teori sosioanalisa dari Karl Mannheim. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi yakni dengan cara menghimpun dan mencari referensi yang berkaitan dengan objek penelitian.
Kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah (1) Baik Syekh al-Qurṭubi dan Syekh asy-Sya’rawi sama-sama menafsirkan jihad dengan makna yang bermacam, seperti dengan berbakti pada orangtua, menuntut ilmu, bersabar, membantu orang lain yang kesusahan, dan lain sebagainya, (2) Di antara yang mempengaruhi penafsiran keduanya adalah pendidikan keluarga mereka yang mengajarkan kesederhanaan dan kecintaan akan perdamaian, proses menimba ilmu yang dipenuhi perjuangan, dan interaksi dengan berbagai macam orang, (3) Pemaknaan jihad dalam penafsiran beliau berdua tidak begitu berbeda, yakni menolak pemaknaan jihad yang radikal dan berusaha memberikan pemaknaan yang lebih moderat dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, (4) Berdasar perbandingan penafsiran keduanya, dapat dipastikan bahwasanya jihad bukanlah semata-mata berupa perang, melainkan juga segala tindakan dalam keseharian dapat pula dinamakan sebagai jihad. Begitu juga dengan opini jihad yang bukan perang tidaklah relevan, justru sebaliknya, pemaknaan jihad dengan peperangan merupakan sesuatu yang tidak relevan, terkecuali dalam kondisi tertentu, seperti membela tanah air yang diserang.
Keyword : Jihad; Analisis; Komparatif; Tafsir; Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Farouq Auni Syafi
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:33
Last Modified: 27 Dec 2022 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15999

Actions (login required)

View Item View Item