Strategi Active Learning Model Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA 4 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 202/2022

Afrianti, Dini (2022) Strategi Active Learning Model Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA 4 Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 202/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DINI AFRIANTI_T20181016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dini Afrianti, 2022:. Strategi Active Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPA 4 Di SMA Negeri 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2021/202.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, active learning, dan Pendidikan Agama Islam.
Kesuksesan peserta didik sangatlah ditentukan oleh guru yang dapat membimbingnya dalam belajar serta penguasaan sejumlah kompetensi tertentu. Aspek psikologis menunjukkan pada kenyataan bahwa peserta didik pada umumnya memiliki taraf perkembangan yang berbeda. Maka seorang pendidik perlu mengembangkan proses pembelajaran dengan melalui strategi-straegi yang mampu membawa peserta didik senang dalam belajar dan pemahaman pesersa didik.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Penerapan Strategi Active Learning Di SMA Negeri 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2021/2022?. 2)Bagaimana hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Bangorejo tahun ajaran 2021/2022?. 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi aktive learning pada siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Bangorejo tahun ajaran 2021/2022?.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan penerapan strategi active learning di SMA Negeri 1 Bangorejo tahun ajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI MIPA 4 di SMA Negeri 1 Bangorejo tahun ajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran aktive learning pada siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Bangorejo tahun ajaran 2021/2022.
Untuk mengidentifikasi permasalahn tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, subyek penelitiannya menggunakan Purposive, menggunakan tekhnik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi tekhnik, 3) Triangulasi Metode. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah: 1) pelaksanakan strategi active learning mata pelajaran pendidikan agama islam dilakukan dalam beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 2) Hasil belajar siswa kelas XI MIPA 4 berdasarkan observasi menjelaskan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan sebelumnya (ceramah) berpengaruh terhadap hasil belajar yang dapat di lihat nilai ulangan harian siswa yang kurang mendekati KKM, metode yang digunakan bersifat satu arah dan cenderung membuat siswa lebih pasif. 3) hasil belajar siswa melalui strategi aktive learning yakni mengalami peningkatan yang sangat signifikan dapat di liat dari kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan hasil penilaian tengah semester siswa kelas XI MIPA 4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dini Afrianti
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:28
Last Modified: 26 Dec 2022 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16006

Actions (login required)

View Item View Item