Pengaruh Program Full Day School terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Mts Negeri 2 Jember

Nurkhasanah, Siti (2022) Pengaruh Program Full Day School terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Mts Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SITI NURKHASANAH_T20189036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Program Full Day School ini sudah diterapkan kurang lebih 10 Tahun di MTs

Negeri 2 Jember. MTs Negeri 2 Jember sudah ada program kelas unggulan sebanyak

3 kelas yaitu 7,8,9H. Tiap kelas MTs Negeri 2 Jember memiliki 8 kelas, untuk kelas

7,8, dan 9 ada 5 untuk kelas Reguler A,B,C,D dan E, dan 3 kelas Full Day School

yaitu F,G,dan H. Jam 07.00-11.45 pembelajaran kelas Reguler dan jam 13.00-16.00

pembelajarannya disesuaikan dengan kelas peminatan. Setiap kelas Full Day School

yaitu F,G,dan H tidak semuanya mengambil mapel IPS, contohnya Sampel peneliti

kelas VIII F, tidak semua anak VIIIF mengambil mapel IPS, sekitar 20 anak yang

mengambil mapel IPS selebihnya mengambil mapel yang lain.Guru kelas Full Day

School yang sudah dipilih biasanya berbeda dengan kelas Reguler. Pada jam 07.00-

11.45 sebagaimana kelas Reguler guru tetap seperti guru yang ada di MTs Negeri 2

Jember. Dan pada jam 13.00-16.00 untuk kelas Full Day School guru yang sudah

terpilih yaitu guru dati luar sekolah MTs Negeri 2 Jember.

Rumusan Masalah ini yaitu (1) Apakah terdapat Pengaruh Program Full Day

School terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan

Sosial Di MTs Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2021/2022.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh

Program Full Day School terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu

Pengetahuan Sosial di MTs Negeri 2 Jember.

Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif

dengan jenis Quasi Eksperimen-Nonequivalent Control Group Desaign, teknik

pengumpulan data menggunakan Observasi, Angket. Teknik analisis data yang

digunakan peneliti adalah Uji-T.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari

adanya Full Day School terhadap Motivasi Belajar Siswa. Adanya pengaruh tersebut

diperoleh Uji Independent Sample T-test bahwa nilai Sig 0,498, hal ini menunjukkan

nilai Sig >0,05 sehingga hipotesis alternatif H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya:

terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh Program Full Day School

terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di

MTs Negeri 2 Jember. Dengan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha maka penelitian ini

dapat membuktikan kebenaran hipotesis yaitu terdapat pengaruh Program Full Day

School terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan

Sosial di MTs Negeri 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Siti Nurkhasanah
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:34
Last Modified: 30 Dec 2022 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16040

Actions (login required)

View Item View Item