Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo

Ulyl Albab, Mohammad Iqbal (2022) Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M_IQBAL_ULYL_ALBAB_HS_T20181175[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Iqbal Ulyl Albab.Hs, 2022: Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo

Kata Kunci: Inovasi Evaluasi Pembelajaran, Aplikasi Kahoot
Perubahan sistem pembelajaran pada saat pandemi mengakibatkan pembelajaran berubah menjadi sistem online. Hal ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah seperti evaluasi pembelajaran. Salah satu lembaga pendidikan yang berinovasi untuk menggunakan aplikasi dalam evaluasi pembelajaran adalah MAN 2 Probolinggo yaitu sekolah ini menggunakan aplikasi kahoot untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di sekolah.
Fokus masalah yang di teliti pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Desain Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo? (2) Bagaimana Penerapan Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo? (3) Bagaimana Hambatan Penerapan Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menjelaskan Desain Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo (2) Menjelaskan Penerapan Inovasi Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo (3)
Menjelaskan Hambatan Penerapan Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Menggunakan Aplikasi Kahoot di MAN 2 Probolinggo
Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, teknik penentuan subjek yaitu purposive jenis penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini : 1) Desain Inovasi evaluasi pembelajaran SKI terbagi menjadi tiga tahap yaitu pengembangan Indikator soal diamana cara mengembangkan indikator soal dilihat dari KD materi terlebih dahulu, kemudian setelah selesai indikator lanjut ke pembuatan kisi kisi soal dan selanjutnya setelah selesai menjadi soal tinggal tahap memasukkan soal kedalam aplikasi kahoot. 2) Penerapan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan 3 langkah yaitu kegiatan pembuka di buka dengan salam dan doa bersama, kemudian kegiatan inti mulai melakukan evaluasi pembelajarn menggunakan aplikasi kahoot, dan ditutup dengan doa bersama pada kegiatan penutup. Sedangkan aspek aspek yang dinilai yaitu aspek kognitif, 3) hambatan evaluasi pembelajaran terdiri dari 4 hambatan yaitu : hambatan yang di alami oleh guru berupa membutuhkan waktu lama dalam pembuatan soal dan banyak guru yang tidak bisa mengoprasikan aplikasi, hambatan yang dialami oleh siswa seringnya siswa lupa membawa handphone , hambatan dalam sarana dan prasarana yaitu kurangnya fasilitas di beberapa kelas dan yang terakhir hambatan dalam jaringan yaitu jaringan sering down.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Iqbal Ulyl Albab
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:34
Last Modified: 26 Dec 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item View Item