Perlindungan Konsumen Pada Pengguna Layanan Grab Food Atas Jaminan Ketersediaan Informasi Kehalalan Produk

Hafida, Nur Tamia (2022) Perlindungan Konsumen Pada Pengguna Layanan Grab Food Atas Jaminan Ketersediaan Informasi Kehalalan Produk. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hafida Nur Tamia_S20182098_Hukum Ekonomi Syariah 2_Perlindungan Konsumen Pada Pengguna Layanan Grab Food Atas Jaminan Ketersediaan Informasi Kehalalan Produk.docx 22.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hafida Nur Tamia, 2022 : Perlindungan Konsumen Pada Pengguna Layanan Grab Food atas Jaminan Ketersediaan Informasi Kehalalan Produk
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Pengguna Layanan, Grab Food, Jaminan Kehalalan Produk
Penelitian ini menjelaskan kurangnya konsumen dalam memahami informasi yang benar dan jelas mengenai kehalalan dalam produk atau barang yang dijual dalam Grab Food. Pada permasalahan tersebut peneliti akan meninjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Dimana ke dua undang-undang tersebut memiliki keterkaitan dalam perlindungan konsumen dalam membeli produk halal.
Fokus Penelitian yaitu 1) Bagaimana sistem jaminan ketersediaan informasi kehalalan produk pada pengguna layanan Grab Food berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen ?. 2) Bagaimana sistem jaminan ketersediaan informasi kehalalan produk pada pengguna layanan Grab Food berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal ?.
Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mendeskripsikan sistem jaminan ketersediaan informasi kehalalan produk pada pengguna layanan Grab Food berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. 2) Untuk mendeskripsikan sistem jaminan ketersediaan informasi kehalalan produk pada pengguna layanan Grab Food berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.
Jenis penelitian ini ialah yuridis empiris dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam skripsi ini terdapat sumber data hukum yakni sumber hukum primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data ada 3 yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Bahwa sistem jaminan ketersediaan informasi kehalalan produk pada pengguna layanan Grab Food dilihat dari pelaku usaha Boy’z Juice dan Terang Bulan Batavia Kaliwates berdasarkan pasal 4 huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen telah memenuhi ketentun hak konsumen, akan tetapi pada pasal 4 huruf c belum memenuhi ketentuan pada hak konsumen. 2) Bahwa sistem jaminan ketersediaan informasi kehalalan produk pada pengguna layanan Grab Food atas pelaku usaha Boy’z Juice dan Terang Bulan Batavia Kaliwates dalam memberikan informasi yang jelas, benar, dan jujur belum sesuai dengan ketentuan pasal 24 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Merchant Grab Food belum menjelaskan secara rinci kehalalan produk dalam makanannya. tetapi beberapa produk mencantumkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Miss Hafida Nur
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:41
Last Modified: 26 Dec 2022 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16045

Actions (login required)

View Item View Item