Pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Hidayah Jember

Wati, Mega (2022) Pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Hidayah Jember. Masters thesis, UIN KHAS KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
TESIS MEGAWATI WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya yang dirancang serta dilaksanakan secara sistematis dan sistemik untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku yang baik yang berhubungan dengan tuhan, diri sendiri,sesama manusia lingkungan dan bangsa. Pemerintah telah mengidentifikasi 1i nilai yang bersumber dari agama, budaya dan falsafah diantaranya: religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, cinta damai, gemar membaca l, peduli lingkungan, peduli sosial tanggung jawab.
Fokus penelitian, 1. Bagaimana pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter relegius peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 9 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Hidayah Jember. 2. Bagaimana pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter disiplin peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 9 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Hidayah Jember. 3. Bagaimana pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter tanggung jawab peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 9 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Hidayah Jember. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan serta menganalisis pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter relegius, disiplin, tanggung jawab peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 9 Jember dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Hidayah Jember.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan lebih dari satu situs. Subjek penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana yang mencakup tiga proses yakni kondensasi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Tahap yang terakhir keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Temuan penelitian di SMPN 9 Jembeydan SMP Islam Al-Hidayah Jember yaitu: 1. Pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter religius di SMPN 9 Jember yaitu pelaksanaannya terjadwal dengan baik, melaksanakan ibadah tanpa ada paksaan dan semakin taat menjalankan ibadah. Di SMPI lebih hormat kepada guru, mengikuti peraturan sekolah dan melaksanakan shalat tanpa aksaan. 2. Pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter disiplin di SMPN 9 Jember adanya kerjasama seluruh guru, peserta didik mampu melaksanakan kegiatan dengan disiplin, patuh terhadap peraturan serta mengikuti pembiasaan secara rutin sesuai dengan jadwal. Di SMP Islam Al-Hidayah Jember diwujudkan peserta didik terbiasa disiplin, baik disiplin waktu, aturan, sikap dan disiplin menjalankan pembiasaan shalat berjamaah. 3. Pembiasan Shalat Dhuha dan Dzuhur Berjamaah Serta Kontribusinya Dalam Pembentukan Karakter tanggung jawab di SMPN 9 Jember dengan memandu baca Yasin setiap hari Jum'at sebelum pembelajaran dimulai, serta mengerjakan tugasnya sebagai peserta didik. Di SMP Islam dengan menjadi muadzim, menjadi imam shalat berjamaah serta melaksanakan tugasnya sebagai peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: MRS Mega Wati
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:25
Last Modified: 26 Dec 2022 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item View Item