PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBANTUAN POSTER BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI IPA DI MAN 2 JEMBER

Mufidatul Faiqoh, Finna (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBANTUAN POSTER BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH KELAS XI IPA DI MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINNA MUFIDATUL FAIQOH_T20188100.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Active Knowledge Sharing, Kemampuan Kerja sama, Keterampilan Komunikasi.
Pendidikan merupakan usaha sadar yang direncanakan untuk mewujudkan suasana dalam proses pembelajaran dimana siswa dapat aktif mengembangkan kemampuan dirinya. Dalam Pembelajaran biologi guru dituntut untuk lebih kreatif
dalam menyampaikan materi. Sejauh ini proses pembelajaran biologi yang diterapkan yaitu masih paradigma yang lama, dimana guru menyampaikan materi hanya mengunakan metode ceramah. Tugas guru tidak hanya memberikan materi pembelajaran sebanyak-banyaknya, akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana membuat siswa mau belajar dengan sendirinya. Strategi merupakan serangkaian kegiatan guru yang terarah dan menyebabkan siswa belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang diharapkan dapat mengaktifkan siswa, melatih kerjasama dan komunikasi antar siswa adalah strategi pembelajaran Active knowledge sharing.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan kerja sama siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI IPA di MAN 2 Jember setelah penerapan pembelajaran active knowledge sharing berbantuan poster bergambar. 2) Untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI IPA di MAN 2 Jember setelah penerapan pembelajaran active knowledge sharing berbantuan poster bergambar. 3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran strategi active knowledge sharing berbantuan poster bergambar terhadap kemampuan kerja sama siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI IPA di
MAN 2 Jember. 4) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran strategi active knowledge sharing berbantuan poster bergambar terhadap keterampilan komunikasi siswa pada
materi sistem pertahanan tubuh kelas XI IPA di MAN 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif dengan metode penelitian quasi eksperimental design, desain yang digunakan adalah non-equivalen group posttest only
design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Kemudian kelompok dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yakni, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada akhir
penelitian, kedua kelompok diberikan posttest untuk mengetahui kemampuan akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kelas eksperimen memiliki skor rata-rata kemampuan kerja sama sebesar 86,82, sedangkan kelas kontrol sebesar 64,23;2) kelas eksperimen memiliki skor rata-rata keterampilan komunikasi sebesar 82,58, sedangkan kelas kontrol sebesar 68,43; 3) Ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran active knowledge sharing pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap kemampuan kerja sama siswa dengan kriteria nilai signifikansi < 0,05 yaitu hasil uji Mann-Whitney sebesar 0,000; 4) Ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran active knowledge sharing pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap keterampilan komunikasi siswa dengan kriteria nilai signifikansi < 0,05 yaitu hasil uji Mann-Whitney sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Finna Mufidatul Faiqoh
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:45
Last Modified: 26 Dec 2022 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item