Penerapan Strategi Student Facilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Mahfilud Duror II Jelbuk Kabupaten Jember

Sabila, Linda Sansas (2022) Penerapan Strategi Student Facilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Mahfilud Duror II Jelbuk Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Linda Sansas Sabila Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan khususnya bagi orang-orang Islam yang menekuni ilmu-ilmu pendidikan keIslaman dan masyarakat Islam secara umum. Keunikan Strategi Student Facilitator And Explaining di SMK Mahfilud Duror II yaitu terlebih dahulu guru memberikan atau menjelaskan materi setelah itu siswa membentuk kelompok dan siswa diberikan waktu untuk berdiskusi setelah itu salah satu perwakilan dari kelompok memaparkan hasil diskusi di depan teman-temannya kemudian kelompok yang lain menanggapi hasil dari kelompok yang melakukan presentasi uniknya di sini terletak pada kegiatan perdebatan.
Fokus yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan strategi Student Facilitator and Explaining dalam Pembelajaran PAI di SMK Mahfilud Duror II Jelbuk Kabupaten Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran PAI di SMK Mahfilud Duror II Jelbuk Kabupaten Jember? (3) Bagaiman evaluasi strategi Student Facilitator Explaining dalam Pembelajaran PAI?
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, adapun pendekatan dalam penelitian skripsi ini adalah kualitatif, jenis penelitiannya adalah study kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian skripsi ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Tahap penelitiannya meliputi tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan lapangan dan tahap analisis data lapangan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Perencanaan strategi Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran PAI yakni silabus, RPP, dan LKPD. (2) Pelaksanaan strategi Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran PAI yakni terkait langkah-langkah pelaksanaan strategi Student Facillitator and Explaining dalam pembelajaran PAI sesuai dengan penyusunan RPP yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan Inti, dan kegiatan penutup. Terkait hambatan dalam pelaksanaan strategi Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran PAI yaitu kurangnya sumber belajar, alokasi waktu, dan kurangnya motivasi belajar siswa. (3) Evaluasi strategi Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran PAI yakni evaluasi sikap, evaluasi pengetahuan, dan evaluasi keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Linda Sansas Sabila
Date Deposited: 26 Dec 2022 00:33
Last Modified: 26 Dec 2022 00:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16075

Actions (login required)

View Item View Item