Substitusi Alamiah Tenaga Kerja Dengan Mesin Pada Hasil Produksi Padi Dalam Pandangan David Rocardo Dan Ibnu Khaldun Di Desa Tapanrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Rahmania, Iqlimathunisa (2022) Substitusi Alamiah Tenaga Kerja Dengan Mesin Pada Hasil Produksi Padi Dalam Pandangan David Rocardo Dan Ibnu Khaldun Di Desa Tapanrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rahmania Iqlimathunisa_E20182126.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmania Iqlimathuissa, Dr. Hj. Nurul Setianigrum. S.E. M.M, 2022 : Substitusi Alamiah Tenaga Kerja Dengan Mesin Pada Hasil Produksi Padi Dalam Pandangan David Ricardo Dan Ibnu Khaldun Di Desa Tapanrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Substitusi Alamiah merupakan contoh di dalam kehidupan zaman dahulu ketika dimana manusia masih rendah ketenagakerjaan maka semakin lama kualitas tenaga kerja akan meningkat, atau dapat diartikan juga sebagai barang pengganti secara alamiah/berubah karena adanya perubahan zaman.
Teori David Ricardo dan Ibnu Khaldun terkait tenaga kerja dengan mesin adalah semakin berkembangnya sebuah Negara semakin dibutuhkan sumber daya intelektualnya, seperti teknologi mesin dan lain-lain, ketika lebih banyak tenaga kerja nilai yang direalisasikan pun akan turut meningkat
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana substitusi alamiah tenaga kerja dengan mesin pada hasil produksi padi menurut pandangan David Ricardo dan Ibnu Khaldun ? 2) Bagaimana praktek substitusi alamiah tenga kerja dengan mesin pada hasil produksi padi? 3) Bagaimana hasil produksi padi setelah adanya susbtitusi alamiah tenaga kerja dengan mesin?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan substitusi alamiah tenaga kerja dengan mesin dalam mencapai hasil produksi padi dalam pandangan David Ricardo dan Ibnu Khaldun di desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam mencapai hasil produksi petani padi di Desa Tapanrejo mengganti alat pertanian tradisional ke alat pertanian modern; 2) Adanya alat pertanian modern menimbulkan banyak argumen dan juga perbedaan pendapat antara petani pengguna alat pertanian tradisional dan juga petani pengguna alat pertanian modern, salah satu argumen yang diperdebatkan adalah terkait pengguna alat pertanian modern yang dapat merusak lahan persawahan; 3) Desa Tapanrejo merupakan desa penghasil produksi padi terbesar di Kecamatan Muncar, meskipun merupakan penghasil produksi padi terbesar akan tetapi dalam penggunaan alat pertanian modern masih kurang paham, kegiatan pertanian yang dilakukan masih cenderung monoton.

Kata Kunci : Substitusi Alamiah, Hasil Produksi, David Ricardo dan Ibnu Khaldun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmania Iqlimathunisa
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:49
Last Modified: 26 Dec 2022 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16076

Actions (login required)

View Item View Item