PEMBINAAN AKHLAK ANAK DALAM BERKOMUNIKASI PERSPEKTIF HADIS (KAJIAN TEMATIK)

Nur Hasanah, Dita Laili (2022) PEMBINAAN AKHLAK ANAK DALAM BERKOMUNIKASI PERSPEKTIF HADIS (KAJIAN TEMATIK). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Dita Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu fitrah manusia yang apabila digunakan secara efektif dapat mengantarkan kepada kesuksesan dan membawa kemaslahatan bagi banyak pihak. Namun komunikasi juga dapat berakibat fatal jika tidak dikontrol. Kenyataannya, tidak sedikit pertikaian dan perselisihan yang terjadi dikarenakan komunikasi yang tidak beretika. Hal ini menandakan bahwa etika sangat diperlukan ketika komunikasi berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika berkomunikasi menurut hadis Nabi Saw, sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman oleh setiap muslim ketika berkomunikasi.
Fokus Masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana Akhlak bertutur kata dalam pandangan hadits? 2) Bagaimana Pembinaan Akhlak Anak dalam bertutur kata menurut pandangan hadits?
Adapun sebuah tujuan dari penelitian ini adalah 1) Penulis ingin mengetahui tentang pandangan hadis dalam berakhlak tutur kata. (2) Penulis ingin mengetahui pembinaan akhlak anak dalam bertutur kata menurut pandangan hadis.
Terkait jenisnya, penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka (Library Research) yaitu tehnik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku dan literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hadis maudu (tematik) yang secara umum menggunakan langkah-langkah: menetapkan masalah yang akan dibahas; menghimpun hadis-hadis yang berkaitan dengan masalah; melakukan takhrij al-hadis; meneliti keadaan perawi (sanad); meneliti matan hadis; menarik kesimpulan dari hadis yang diteliti dan menjelaskan aspek-aspek yang terkait, seperti faedah dan pendapat para ulama mengenai hadis yang dimaksud.
Sumber data penelitian ini dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu: Pertama, sumber primer berupa kutubus sittah yang memuat hadis-hadis tentang tema. Kedua, sumber sekunder berupa buku-buku, karya ilmiah dan artikel-artikel yang berkaitan dengan tema yang akan diteliti.
Data yang ditemukan menunjukkan bahwa etika komunikasi menurut hadis dapat dirumuskan sebagai berikut: berkomunikasi harus dengan kalimat yang baik; berkomunikasi dengan efektif dan efisien (berbicara seperlunya dan tidak banyak bertanya terhadap hal yang tidak penting); berkomunikasi dengan jujur dan tidak berkata bohong; mendahulukan yang lebih tua dalam berbicara; tidak berkata kotor, mencaci dan mencela; menjauhi perdebatan dengan lawan bicara: komunikasi hendaknya berisikan pesan yang positif dan jauh dari unsur ghibah.

Keyword: Pembinaan Akhlak, Komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Nn. Dita Laili Nur Hasanah
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:58
Last Modified: 26 Dec 2022 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16081

Actions (login required)

View Item View Item