Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Panti Jember

Fikriyah, Elok Rofiatul (2022) Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Elok Rofiatul Fikriyah T20187010)
ELOK ROFIATUL FIKRIYAH_T20187010.pdf

Download (6MB)

Abstract

Elok Rofiatul Fikriyah, 2022: Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII di SMP Negeri 2 Panti Jember.
Kata Kunci: Computational Thinking, menyelesaikan masalah matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan computational thinking siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, di mana kemampuan computational thinking merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk mendapatkan solusi dengan cara bernalar dan menggunakan algoritma yang jelas.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan computational thinking siswa tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. 2) Mengetahui kemampuan computational thinking siswa sedang dalam menyelesaikan masalah matematika. 3) Mengetahui kemampuan computational thinking siswa rendah dalam menyelesaikan masalah matematika.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dikelas VIII A yang berjumlah 33 siswa di SMP Negeri 2 Panti Jember. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan tiga subjek siswa yang terdiri satu siswa kategori tinggi, satu siswa kategori sedang, dan satu siswa kategori rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: 1) Tes; 2) Wawancara; 3) Dokumentasi; 4) Lembar Validasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu: 1) Kondensasi data (Data Condemsation); 2) Penyajian data; 3) Verifikasi; 4) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kemampuan computational thinking siswa tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika materi pola bilangan di SMP Negeri 3 Panti Jember yaitu mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan berpikir algoritma. 2) Kemampuan computational thinking siswa sedang dalam menyelesaikan masalah matematika materi pola bilangan di SMP Negeri 3 Panti Jember yaitu mampu melibatkan dekomposisi, pengenalan pola, kurang mampu melibatkan abstraksi sehingga tidak mampu berpikir algoritma. 3) Kemampuan computational thinking siswa rendah dalam menyelesaikan masalah matematika materi pola bilangan di SMP Negeri 3 Panti Jember yaitu kurang mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan keterampilan dekomposisi maupun pengenalan pola, sehingga tidak memungkinkan memenuhi abstraksi dan berpikir algoritma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Elok Rofiatul Fikriyah
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:18
Last Modified: 29 Dec 2022 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16104

Actions (login required)

View Item View Item