Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Problem solving Siswa Kelas X IPA Materi Perubahan Lingkungan di MAN 1 Jember

Ulinnuha, Abidah (2022) Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Problem solving Siswa Kelas X IPA Materi Perubahan Lingkungan di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABIDAH HINDIYANA ULINNUHA_T20188091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Belajar merupakan bagian integral dalam proses pendidikan secara keseluruhan. Salah satu alternatif
pembelajaran yang memberikan peluang bagi siswa untuk dapat terlibat aktif dalam proses penemuan langsung konsep-konsep materi dan kemampuan pemecahan madsalah adalah dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek.Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006 mengharapkan pembelajaran biologi sebagai salah satu disiplin ilmu sains tidak hanya mempelajari fakta, konsep, dan prinsip biologi kepada siswa, melainkan juga mengharapkan siswa untuk dapat berinkuiri ilmiah untuk membangun konsep sendiri melalui penjelajahan alam sekitar. Hal tersebut didukung oleh John Dewey yang
mengemukakan pernyataan “school would mirror the larger society andclassrooms wouldbe laboratories for real life inquiry and problem solving”. Pernyataan tersebut mengandung arti bahwa pembelajaran biologi sebagai salah satu ilmu sains merupakan suatu proses untuk menjadikan siswa berinkuiri dalam rangka memecahkan masalah nyata dikehidupan sehari-hari. Salah satu materi yang tepat untukditerapkannya model PjBL untuk pemecahan masalah ini adalah materi Perubahan Lingkungan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana problem solving siswa kelas X IPA pada materi Perubahan Lingkungan di MAN 1 Jember setelah penerapan PjBL? 2) Adakah pengaruh PjBL terhadap problem solving di kelas X IPA pada materi perubahan lingkungan di MAN 1 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan problem solving siswa kelas X IPA pada materi Perubahan Lingkungan di MAN 1 Jember setelah penerapan PjBL. 2) Mengetahui adanya pengaruh PjBL terhadap problem solvingsiswa kelas X IPA pada materi Perubahan Lingkungan di MAN 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi
eksperimen (eksperimen semu), desain yang digunakan adalah non-equivalen group posttest only design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Kemudian Kelompok dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yakni, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan
dengan cara penerapan pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Sedangkan pada kelompok kontrol menerapkan model pembelajaran klasik dengan metode ceramah. Pada akhir penelitian, kedua kelompok diberikan posstest untuk mengetahui kemampuan akhir. Kesimpulan penelitian yang dilakukan antara lain: 1) Siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) memiliki problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak dibelajarkan menggunakan model Project
Based Learning (PjBL). Hal ini dapat diketahui dari perbedaan jumlah skor rata-rata test problem solving, untuk kelas eksperimen nilai rata-ratanya sebesar 85,95 dan kelas kontrol sebesar 77,75; 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi perubahan lingkungan terhadap problem solving siswa kelas X
MIPA di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2021/2022 dengan nilai signifikansi yaitu 0,002.
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Problem solving, Materi Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Abidah Ulinnuha
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:41
Last Modified: 26 Dec 2022 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item View Item