Implementasi kegiatan keagamaan untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Afidah, Tanwiratul (2022) Implementasi kegiatan keagamaan untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tanwiratul Afidah_T20181014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan keagamaan adalah segala perbuatan seseorang atau individu yang didasarkan pada nilai-nilai atau norma-norma yang berpangkal pada ajaran-ajaran agama yang telah menjadi kebiasaan hidup sehari-hari dalam sekolah. Kegiatan keagamaan mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka peningkatan karakter religius peserta didik. Kegiatan keagamaan dapat membentuk individu yang bertakwa dan taat kepada Allah Swt. dan menjadikan peserta didik berakhlak mulia sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah Swt. Kegiatan keagamaan tidak menjamin peserta didik 100% dapat meninggalkan perilaku yang menyimpang/tidak diridhoi Allah Swt., namun dengan adanya kegiatan keagamaan dapat mengurangi adanya perilaku menyimpang yang umumnya dilakukan oleh peserta didik.

Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana implementasi kegiatan membaca al-Qur’an untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023?, 2) Bagaimana implementasi kegiatan shalat jama’ah untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023?.

Tujuan dalam penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan membaca al-Qur’an untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi shalat jama’ah untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive, yaitu memilih seorang yang dianggap paling tau tentang data tersebut. Sedangkan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner/angket. Adapun analisis data menggunakan teori dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik).

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di MAN Bondowoso, menyimpulkan bahwa (1) Implementasi kegiatan membaca al-Qur’an dapat meningkatkan karakter religius peserta didik yaitu: a) Meningkatkan rasa cinta terhadap al-Qur’an, b) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah Swt., c) Meningkatkan rasa keikhlasan dalam membaca al-Qur’an, d) Meningkatkan rasa khusyu’ dalam membaca al-Qur’an. (2) Implementasi kegiatan shalat jama’ah dapat meningkatkan karakter religius peserta didik yaitu: a) Peserta didik terbiasa shalat secara berjama’ah, b) Peserta didik terbiasa shalat tepat waktu, c) Peserta didik terbiasa berdzikir setelah shalat, d) Meningkatkan rasa ukhwah Islamiyah peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kegiatan keagamaan; karakter religius
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Tanwiratul Afidah
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:43
Last Modified: 29 Dec 2022 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item