KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

DIDIK, AMIRUL (2022) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH.ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
DIDIK AMIRUL HADI NIM T20181333.pdf

Download (4MB)

Abstract

Globalisasi menjadikan peserta didik semakin kehilangan moralnya yakni adanya kekerasan seksual, tawuran pelajar, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, dan sex bebas. Dengan demikian, pendidikan harus ditanamkan sedemikian rupa kepada peserta didik dan juga dalam hal ini kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti sangat diperlukan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yakni: 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pengembangan karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Tanggul. 2) Bagaimana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pengembangan karakter sopan santun siswa di SMP Negeri 2 Tanggul. 3) Bagaimana kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pengembangan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 2 Tanggul. Tujuan penelitian ini yakni: 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pengembangan karakter religius siswa di SMP Negeri 2 Tanggul. 2) Untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pengembangan karakter sopan santun siswa di SMP Negeri 2 Tanggul. 3) Untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam pengembangan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 2 Tanggul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentsi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensai data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
**Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) guru pendidikan agama Islam melakukan suatu rangkaian program untuk menumbuhkan karakter religius siswa, yakni sholat dhuhur berjama’ah setiap hari kamis, membaca Alqur’an dan juga tahlil setiap hari jum’at. 2) guru pendidikan agama Islam melakukan suatu kepada siswa-siswinya untuk membiasakan peserta didik untuk bersalaman ketika awal masuk ke dalam sekolah, awal pelajaran di kelas sampai pulang itu bersalaman dengan semua guru-guru disini. Selain itu, diluar sekolah pun menyuruh mereka untuk bersalaman ketika bertemu guru-gurunya. 3) guru pendidikan agama Islam melakukan suatu kegiatan kepada siswa-siswinya yakni menyuruh siswa-siswi untuk disiplin waktu, tidak telat masuk sekolah, selalu ikut kegiatan seperti sholat berjamaah dhuhur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Didik Didik Hadi
Date Deposited: 27 Dec 2022 01:04
Last Modified: 27 Dec 2022 01:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16119

Actions (login required)

View Item View Item