Ramdani, Dewi Muslihah 081249160750 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING (SFAE) PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ramdani, Dewi Muslihah (2022) Ramdani, Dewi Muslihah 081249160750 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING (SFAE) PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 2 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Text)
DEWI MUSLIHAH RAMDANI _T20189042-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Rambipuji yang mana dalam proses pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah. Pada saat guru menerangkan peserta dididik cenderung hilang fokus serta cepat merasa bosan, kurangnya rasa percaya diri dan ada batasan pada peserta didik sehingga, kurang adanya komunikasi yang baik. Maka guru menggunakan cara lain yaitu memakai Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning (SFAE). Model SFAE ini merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan ide dan pendapatnya kepada peserta didik lain.

Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran SFAE Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran SFAE Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022?. 3) Bagaimana Evaluasi Model Pembelajaran SFAE Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022?.

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan Perencanaan Model Pembelajaran SFAE Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Model Pembelajaran SFAE Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Model Pembelajaran SFAE Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep dari model interaktif Miles, Huberman dan J. Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik, dan sumber.

Hasil dalam peneilitian ini yaitu Implementasi model SFAE ada 3 komponen, yang pertama yaitu pada perencanaan, didalam perencanaan ini peneliti menemukan bahwa dalam Model SFAE guru membuat Silabus dan RPP, menganalisis materi, dan mencari sumber belajar. komponen yang kedua yaitu pelaksanaan, dalam pelaksanaan guru menggunakan beberapa tahapan, yaitu pendahuluan, inti, dan juga penutup. kemudian pada komponen ketiga yaitu evaluasi, dalam evaluasi guru melakukan penelitian dari evaluasi pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran SFAE meliputi tes tulis dan tes lisan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunakaan Model pembelajaran SFAE bisa diimplementasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Dewi Muslihah Ramdani
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:37
Last Modified: 30 Dec 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16121

Actions (login required)

View Item View Item