Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMPN 1 Maesan Tahun Pelajaran 2021 / 2022

Hairullah, Muhammad (2022) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMPN 1 Maesan Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Undergraduate thesis, UINKHAS JEMBER.

[img] Text
Muhammad hairullah_T20179016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Minat adalah kecenderungan untuk tetap memperhatikan dan mengingat kegiatan tertentu. minat merupakan perasaan suka dan tertarik pada suatu hal atau kegiatan tanpa ada yang meminta. Dalam kegiatan pembelajaran minat belajar berperan sangat penting terhadap peserta didik. Karena, jika seorang peserta didik tidak memiliki minat dan perhatian yang besar terhadap objek yang dipelajari maka sulit diharapkan siswa tersebut akan tekun dan memperoleh hasil yang baik dari hasil belajarnya.
Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini adalah : 1).Bagaimana minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial kelas VII di SMPN 1 Maesan Tahun Pelajaran 2021/2022 ? 2).Apa saja Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di kelas VII SMPN 1 Maesan Tahun Pelajaran 2021/2022 ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 1 Maesan Tahun Pelajaran 2021/2022. 2). Mendeskripsikan Faktor –faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di Kelas VII di SMPN 1 Maesan Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara tak terstruktur , dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan Keaabsahan data pada penelitian ini yaitu triangulasi sumber .
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMPN 1 MAESAN. menunjukan minat belajar yang sangat baik. Karena ada peserta didik yang senang untuk belajar IPS. Dan juga banyak yang memiliki minat belajar yang tinggi, yang dibuktikan bagaimana siswa di kelas selalu memperhatikan penjelasan guru dan ada juga sedikit siswa yang memiliki minat belajar yang rendah, yang dibuktikan dengan tidak memperhatkan penjelasan guru. 2).Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS di kelas VII SMPN 1 MAESAN adalah disebabkan oleh faktor yang bersumber dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa. Faktor dari dalam siswa seperti kesehatan , motivasi dan kesiapan siswa dalam belajar dan dari luar diri siswa meliputi faktor kurangnya perhatian orang tua, guru dengan murid dan lingkungan atau teman sebaya.
KATA KUNCI : Minat Belajar , Faktor – faktor Mina Belajar, Pelajaran Ips

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: men Muhammad hairullah
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:31
Last Modified: 27 Dec 2022 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16126

Actions (login required)

View Item View Item