Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter peserta didik kelas IX Di MTs Negeri 10 Banyuwangi tahun 2021/2022

naila fitri, nabila (2022) Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter peserta didik kelas IX Di MTs Negeri 10 Banyuwangi tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NABILA NAILA FITRI_T20181035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nabila Naila Fitri,2022. Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter siswa kelas IX Di MTs Negeri 10 Banyuwangi.

Kata kunci: pembelajaran akidah akhlak, karakter.

Pembelajaran akidah akhlak merupakan pembelajaran yang dapat membentuk karakter siswa yang baik, Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi pada mata pelajaran akidah akhlak terdapat materi-materi yang dapat megantarkan siswa memiliki karakter yang baik dan juga dalam materi tersebut saling berkaitan dengan program sekolah yang dilakukan setiap hari yang dapat membentuk karakter siswa.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter peserta didik kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter peserta didik kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Negeri
10 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter peserta didik kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter siswa kelasIX Di MTS Negeri 10 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan Teknik purposive, yaitu memilih seseorang dianggap paling tau tentang data tersebut. Sedangkan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teori dari Miles, Huberman yaitu menganalisis data dengan tiga Langkah: Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan yaitu Teknik trianggulasi (trianggulasi sumber dan trianggulasi Teknik).
Hasil penelitian dari Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan karakter siswa kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022 yaitu:1) pelaksanaan pembelajaran meliputi penyampaian tujuan pembelajaran, membentuk kelompok, penjelasan guru, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, umpan balik dari pendidik serta kesimpulan. Pembentukan karakter melalui materi-materi akidah akhlak dikaitkan dengan program yang ada di sekolah seperti sholat dhuha dan sholat dzuhur berjama’ah, membaca Asmaul-Husna dan Al-Qur’an, dibiasakan beramal di setiap hari Jum’at 2) evaluasi pembelajaran meliputi penugasan, tes tulis, tes lisan dan penilaian sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabila Naila Fitri
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:54
Last Modified: 27 Dec 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16133

Actions (login required)

View Item View Item