Dampak psikologi kegagalan keberangkatan para calon jamaah haji tahun 2020 di kelurahan sekarputih kabupaten bondowoso

ayun, nabila qurrota (2022) Dampak psikologi kegagalan keberangkatan para calon jamaah haji tahun 2020 di kelurahan sekarputih kabupaten bondowoso. Undergraduate thesis, uin kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
NABILA QURRATA A’YUN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan ibadah haji merupakan perwujudan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Pelaksanaan ibadah haji juga merupakan bentuk pembinaan dan penempatan diri melalui pendalaman, pemahaman serta peningkatan pengalaman nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam dalam upaya peningkatan kualitas keimanan serta ketaqwaan guna membentuk akhlak mulia. Hal ini dapat terlihat dari sikap lahir dan batin yang semakin baik, tunduk dan patuh pada semua perintah dan menjahui segala larangan agama Islam.
Fokus penelitian ini di antaranya: Bagaimanakah dampak psikologi yang dialami oleh para calon jamaah haji yang mengalami kegagalan keberangkatan haji tahun 2020 di Kelurahan Sekarputih Kabupaten Bondowoso. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk melihat dampak psikologi yang dialami oleh para calon jamaah haji yang mengalami kegagalan keberangkatan haji tahun 2020 di Kelurahan Sekarputih Kabupaten Bondowoso.
Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak psikologi akibat kegagalan keberangkatan haji di Kelurahan Sekarputih Kabupaten Bondowoso tahun 2020. Adapun dampak psikologis yang dialami oleh para calon jamaah haji adalah rasa frustasi, kecewa, marah, dan sedih akan tetapi ada juga reaksi yang ditimbulkan dari hasil penelitian ini adalah reaksi positif seperti penambahan kegiatan/aktifitas dikeluarga, tawakal dan pasrah pada Allah Swt.

Kata kunci: Haji, psikologi, frustasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
Depositing User: nabila qurrota a'yun
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:35
Last Modified: 28 Dec 2022 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item