Implementasi Manajemen Perpustakaan Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kabupten Jember

Zainul Mukhtar, Moh Da‘i (2022) Implementasi Manajemen Perpustakaan Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kabupten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH DA'I ZAINUL MUKHTAR_T20183108.pdf

Download (6MB)

Abstract

M. Da’I Zainul Mukhtar, 2022:. Implementasi Manajemen Perpustakaan Di Pondok Pesantren Tegal Besar Kabupaten Jember.

Kata Kunci: Implementasi Manajemen, Manajemen Perpustakaan, Pondok Pesantren Al-Bidayah jember.
Kesuksesan suatu manajemen perpustakaan sangatlah ditentukan oleh semua pengurus perpustakaan itu sendiri, apabila pengurus tidak rutin mengordinir dan memantau dengan baik, maka seluruh program program tersebut juga tidak akan berjalan dengan lancar.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi perencanaan manajemen perpustakaan di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana implementasi pelaksanaan manajemen perpustakaan di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kabupaten Jember, 3) Bagaimana implementasi pengevaluasian manajemen perpustakaan di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi perencanaan manajemen perpustakaan di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan manajemen perpustakaan di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui implementasi pengevaluasian manajemen perpustakaan di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Kabupaten Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, subyek penelitiannya menggunakan Purposive, menggunakan tekhnik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi tekhnik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasilnya tahap perencanaan menentukan terlebih dahulu arah pencapaian yang hendak dicapai. Yakni berupa penetapan suatu tujuan, tata tertib, dan sanki serta merancang dan menerapkan strategi yang diperlukan, dengancara diadakannya rapat seluruh kepengurusan pondok. Setelah mendapatkan hasih maka akan di tuangkan dalam bentuk tulisan. 2) hasil dari proses pelaksanaan yaitu dengan melaksanakan semua program yang sudah dibentuk oleh ketua perpustakaan. Program program tersebut diantaranya program mingguan, program bulanan dan program tahunan. 3) hasil proses pengevaluasian yaitu dengan cara mebuat forum rapat seluruh kepengurusan perpustakaan, setelah mendapat kesepakatan maka akan disampaikan kepada ketua pondok. Hasil evaluasi yang di lakukan oleh pengurus perpustakaan dan sudah di sampaikan kepada ketua perpustakaan akan di tampung dan di gunakan sebagai bahan acuan dalam proses perencanaan pada tahun ajaran baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Moh Da‘i Zainul Mukhtar
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:05
Last Modified: 28 Dec 2022 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item View Item