PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN EDUBLOGS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 2 GEMPOL PASURUAN

Anjasari, Nur khabibi diah (2022) PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN EDUBLOGS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 2 GEMPOL PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Khabibi Diah Anjasari_201810008.pdf

Download (11MB)

Abstract

Nur Khabibi Diah Anjasari, 2022: Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Edublogs Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 2 Gempol Pasuruan.
Kata kunci: Kooperatif Learning Tipe Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar,
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMPN 2 Gempol Pasuruan pada pembelajaran IPA biologi, masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu perlu dikembangkan model pembelajaran untuk mengiringi pembelajaran yang melibatkan peserta didik agar lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peseta didik di kelas VIII SMPN 2 Gempol Pasuruan disebabkan kurang kreatif seorang pendidik dalam menentukan model dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara model kooperatif learning tipe think talk write (ttw) dengan model pembelajaran non kooperataif yang digunakan di SMPN 2 Gempol Pasuruan pada kelas VIII materi sistem pencernaan manusia. (2) Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperaif Learning Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMPN 2 Gempol Pasuruan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimen dengan desain penelitian pretest-postest kontrol group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, berupa tes pilihan ganda. Sebelum proses pembelajaran dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan setelah setelah proses pembelajaran dilakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Populasi penelitian dan sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol.
Dari hasil penelitian tujuan penelitian pertama perbedaan Pembelajaran kooperatif dan non kooperatif. Pembelajaran kooperatif pembelajaran yang melakukan pemantauan melalui observasi dan melakukan intervensi jika terjadi masalah dalam kerja sama antar anggota kelompok,sedangkan pembelajaran non kooperatif learning proses pembelajaran yang Pemantauan melalui onservasi dan intervensi sering tidak dilakukan oleh guru pada saat belajar kelompok sedang berlangsung.
Hasil tujuan penelitian kedua penelitian data uji hipotesis menggunakan uji-t (Independent sample t test) didapatkan nilai Sig sebesar 0,000 dan nilai tingkat signifikannya (α) adalah 0,05, hal ini menunjukan bahwa nilai Sig lebih kecil dari nilai tingkat signifikasi (α). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar ipa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMPN 2 Gempol Pasuruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060107 Enzymes
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms khabibi Diah
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:15
Last Modified: 28 Dec 2022 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16146

Actions (login required)

View Item View Item