Pengembangan E-Modul Berbasis Flip DPF Professional dilengkapi Teka-Teki Silang pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Jember.

Uswatun, Hasanah (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Flip DPF Professional dilengkapi Teka-Teki Silang pada Materi Sistem Gerak untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
USWATUN HASANAH_T20188045.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat besar untuk mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia. Memanfaatkan teknologi di dalam pendidikan akan memudahkan dan membantu proses pembelajaran. Di dalam pembelajaran pasti ada permasalahan yang dihadapi, berdasarkan wawancara dengan guru biologi MAN 2 Jember sumber belajar yang menjadi sumber informasi untuk siswa yang disediakan hanya berupa LKS, sehingga perlu untuk dikembangkan sumber belajar berupa e-modul.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan validitas pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Professional dilengkapi teka-teki silang pada materi sistem gerak untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember. 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap e-modul berbasis Flip PDF Professional dilengkapi teka-teki silang pada materi sistem gerak untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember. 3) Mendeskripsikan keefektifan e-modul berbasis Flip PDF Professional dilengkapi teka-teki silang pada materi sistem gerak untuk siswa kelas XI IPA di MAN 2 Jember.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan 3 tahapan yaitu : 1) Analisis pendahuluan (prelimenary research), 2) Pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase), 3) Penilaian (assessment phase). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan 1 validator ahli materi, 1 validator ahli media, 1 validator ahli bahasa, 1 validator soal pretest dan posttest, 1 guru biologi, dan keseluruhan siswa kelas XI IPA 2 di MAN 2 Jember.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-modul berbasis Flip PDF Professional dilengkapi teka-teki silang pada materi sistem gerak dinyatakan sangat layak digunakan dengan presentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 98,82%, kevalidan oleh ahli media sebesar 90,00%, kevalidan oleh ahli bahasa sebesar 73,33%, dan kevalidan oleh guru biologi sebesar 95,86%. 2) hasil uji respon siswa terhadap modul berbasis Flip PDF Professional dilengkapi teka-teki silang pada materi sistem gerak didapatkan presentase sebesar 84,21% untuk uji coba one to one, 88,00% untuk uji coba skala kecil, dan 89,15% untuk uji coba lapangan dan dapat dikategorikan sangat menarik. 3) hasil uji keefektifan produk yang dikembangkan diperoleh dari hasil Uji T-Test dengan nilai 0,000 < 0,05 dengan kriteria sangat efektif dan berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,69 maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dikategorikan efektif dan sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : e-modul;Flip PDF Professional;teka-teki silang;sistem gerak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060699 Physiology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Uswatun Hasanah
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:22
Last Modified: 28 Dec 2022 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16149

Actions (login required)

View Item View Item