Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Autis Kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Nabila, Meli Faroh (2022) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Autis Kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Meli Faroh Nabila - PGMI18 watermark fix.pdf

Download (6MB)

Abstract

Meli Faroh Nabila, 2022: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Autis Kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Anak Autis

Kesulitan belajar Matematika dapat dianggap sebagai suatu kondisi belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar matematika. Kesulitan belajar Matematika adalah kesulitan belajar yang paling umum di kalangan siswa sekolah dasar. Untuk itu setiap pendidik berhak mengetahui apa saja kesulitan belajarnya dan juga faktor-faktornya, dengan itu akan lebih mudah untuk menemukan upaya atau solusi mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kesulitan belajar matematika pada anak autis kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember? 2) Bagaimana upaya dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak autis kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kesulitan belajar matematika pada anak autis kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember. 2) Mendeskripsikan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak autis kelas V di SLB Negeri Branjangan Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian eksploratif. Penentuan subjek penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil: 1) Kesulitan belajar matematika pada anak autis kelas V di SLB Negeri Brajangan Jember meliputi, Siswa IH tidak mengalami kesulitan belajar. Siswa RC mengalami kesulitan belajar yaitu asosiasi persepsi visual, kesulitan dalam bahasa dan membaca dalam mengerjakan soal cerita. Faktonya yaitu konsentrasi belajar kurang, masalah kesehatan tubuh, dan kemampuan yang rendah. Siswa BT mengalami kesulitan belajar yaitu asosiasi persepsi visual, kesulitan mengenal dan memahami simbol, kesulitan dalam bahasa dan membaca dalam mengerjakan soal cerita. Faktonya yaitu konsentrasi belajar kurang, masalah kesehatan tubuh, tantrum, dan kemampuan yang rendah. Siswa AV juga mengalami kesulitan belajar yaitu asosiasi persepsi visual, kesulitan mengenal dan memahami simbol, abnormalitas persepsi visual, kesulitan dalam bahasa dan membaca dalam mengerjakan soal cerita. Faktonya yaitu konsentrasi belajar kurang, masalah kesehatan tubuh, tantrum, minat belajar yang kurang, dan kemampuan yang rendah. 2) Upaya dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak autis kelas V di SLB Negeri Brajangan Jember yaitu jika tantrum pendidik membiarkannya terlebih dahulu dan mengajak siswa yang lain untuk belajar di luar kelas, memberikan waktu istirahat yang cukup, memberikan media kertas lipat dan metode repetition, memberikan model pembelajaran individual, dan mengadakan remidial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010506 Statistical Mechanics, Physical Combinatorics and Mathematical Aspects of Condensed Matter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Meli Faroh Nabila
Date Deposited: 28 Dec 2022 08:38
Last Modified: 28 Dec 2022 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item