ANALISIS KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM BIOLOGI SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DAN MA DI KABUPATEN JEMBER BERDASARKAN STANDAR LABORATORIUM BIOLOGI

Indah Munsifa, Viki (2022) ANALISIS KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM BIOLOGI SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DAN MA DI KABUPATEN JEMBER BERDASARKAN STANDAR LABORATORIUM BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VIKI INDAH MUNSIFA_T20188090-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu alat untuk membangun suatu SDM yang memiliki kualitas kompeten dan dapat berpengaruh terhadap kemajuan suatu bangsa. Gagal maupun suksesnya proses pendidikan tersebut tentunya sangatlah bergantung dengan pembelajaran itu sendiri. Metode yang paling sering digunakan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa yaitu melalui metode praktikum. Kegiatan praktikum akan bisa terlaksana dengan optimal apabila sudah memenuhi standarisasi dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana untuk Laboratorium IPA SMA/MA. Namun pada kenyataan masih banyak sekolah yang belum bisa mewujudkan peraturan tersebut. Terdapat banyak kendala yang dialami oleh sekolah SMA dan MA di Kabupaten Jember dalam
melakukan pemenuhan standarisasi laboratorium sesuai dengan Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana untuk Laboratorium IPA SMA/MA.Fokus penelitian yang diteliti ialah; Pertama, bagaimana kesesuaian laboratorium biologi SMA dan MA di Kabupaten Jember berdasarkan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan?; Kedua, apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam kesesuaian pemenuhan standar laboratorium?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Peneliti menguji dan memastikan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu 1) Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium biologi SMA/MA di Kabupaten Jember telah memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah yakni diperoleh persentase sebesar 76,7%. 2) Setidaknya terdapat
masing-masing 2 faktor penghambat dan pendukung dalam pemenuhan standar laboratorium yakni untuk faktor penghambatnya; Pertama, kurangnya ketersediaan ruangan untuk pengadaan laboratorium. Kedua, kurangnya ketersediaan dana dalam pengaadaan sarana dan prasarana yang telah diatur oleh
perundangan-undangan. Sedangkan untuk faktor pendukung yakni; Pertama, pihak sekolah rutin melakukan inventarisasi sarana dan prasarana laboratorium sehingga hal ini dapat membuat kegiatan praktikum selalu berjalan dengan lancar. Kedua, antusiasme peserta didik dalam melakukan praktikum, sehingga praktikum dapat berjalan dengan lancar
Kata Kunci : Laboratorium, Biologi, SMA/MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Viki Indah Munsifa
Date Deposited: 29 Dec 2022 00:22
Last Modified: 29 Dec 2022 00:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16152

Actions (login required)

View Item View Item