Syawalia, Rani (2022) Implementasi Metode Karyawisata Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Menulis Cerita Pengalamanku Kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Kahasri Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
SKRIPSI RANI WATERMAK.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rani Syawalia, 2022: Implementasi Metode Karyawisata Dalam
Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Menulis Cerita
Pengalamanku Kelas III B di Madrasah Ibtidaiyah Kahasri Kota
Probolinggo.
Kata Kunci: Implementasi Metode Karyawisata, Mengembangkan Kreativitas,
Menulis Cerita Pengalamanku
Metode karyawisata merupakan metode pembelajaran dengan cara
mengamati alam sekitar secara langsung sehingga peserta didik dapat memahami
penjelasan secara jelas. Melalui metode karyawisata peserta didik dapat
mengembangkan kemampuan kreativitasnya dalam bentuk tulisan cerita
pengalaman.
Fokus penelitian yang akan diteliti dalam skripsi ini, ialah; 1) Bagaimana
pelaksanaan metode karyawisata dalam pembelajaran di kelas III B MI Kahasri
Kota Probolinggo? 2) Bagaimana mengembangkan kreativitas peserta didik pada
materi menulis cerita pengalamanku melalui metode karyawisata kelas III B di MI
Kahasri Kota Probolinggo? 3) Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode
karyawisata dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada materi menulis
cerita pengalamanku kelas III B di MI Kahasri Kota Probolinggo?
Tujuan penelitian ini diantaranya adalah; 1) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan metode karyawisata dalam pembelajaran di kelas III B MI Kahasri
Kota Probolinggo 2) Untuk mengetahui mengembangkan kreativitas peserta didik
pada materi menulis cerita pengalamanku melalui metode karyawisata kelas III B
di MI Kahasri Kota Probolinggo 3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan
metode karyawisata dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada materi
menulis cerita pengalamanku kelas III B di MI Kahasri Kota Probolinggo.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni
narrative research. Adapun informan kunci yang diambil dari teknik puposive
sampling. Dan teknik pengumpulan data ialah dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis ialah dengan menggunakan kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Juga, teknik
keabsahan data ialah dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian ini yakni; 1) Pelaksanaan metode karyawisata dalam
pembelajaran di kelas III B MI Kahasri Kota Probolinggo dapat dilaksanakan
dengan mengikuti empat langkah yakni persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan
pembuatan laporan. 2) Melalui metode karyawisata kelas III B upaya guru yaitu
forstering atau pemberian latihan pembiasaan, identifying atau pemberian aktivitas
kreatif, dan encouraging atau pemberian motivasi kreativitas kepada peserta didik.
3) Kelebihan metode karyawisata yaitu peserta didik merasa senang, aktif, mudah
menerima materi dan mempunyai kelompok paguyuban kelas. Sedangkan
kekurangan dari metode karyawisata ini adalah membutuhkan waktu yang cukup
lama, keamanan peserta didik menjadi prioritas utama guru, dan membutuhkan
biaya tambahan. Metode karyawisata membutuhkan biaya transportasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Rani Syawalia |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 02:55 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 02:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16163 |
Actions (login required)
View Item |