Pengembangan Buku ajar Biologi Berbasis Problem solving Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi sistem Gerak Manusia Untuk Siswa Kelas XI MIA di MA Maarif Sukorejo Pasuruan

Zahroh, Fatimatus (2022) Pengembangan Buku ajar Biologi Berbasis Problem solving Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi sistem Gerak Manusia Untuk Siswa Kelas XI MIA di MA Maarif Sukorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FATIMATUS ZAHROH_T20188046.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Fatimatus Zahroh, 2022: Pengembangan Buku Ajar Biologi Berbasis Problem Solving Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Sistem Gerak Manusia untuk Siswa Kelas XI MIA di MA Maarif Sukorejo Pasuruan.
Kata Kunci: Buku Ajar, Problem Solving, Terintegrasi Keislaman, Sistem Gerak Manusia
Pembelajaran dan buku ajar merupakan suatu kesatuan yang saling melengkapi. Proses pembelajaran akan berlangsung dengan efektif jika dilengkapi dengan media pembelajaran, salah satunya adalah buku ajar. Proses pembelajaran harus bisa meningkatkan kreativitas serta keterampilan. Keterampilan yang harus dimiliki sumber daya manusia abad 21 merupakan keterampilan berpikir kritis serta memecahkan permasalahan. Untuk memecahkan permasalahan tersebut perlu dikembangkan sebuah buku ajar yang dapat dijadikan acuan dalam belajar, serta diterapkan pembelajaran problem solving sebagai salah satu metode pembelajaran abad 21. Selain itu didalam buku ajar ini memilki ciri khas, yaitu dengan mengintegrasikan nilai keislaman yang sesuai dengan visi misi sekolah, yaitu berjiwa islami dengan menerapkan prinsip-prinsip dan nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) Mendeskripsikan validitas pengembangan buku ajar biologi berbasis problem solving terintegrasi nilai keislaman pada materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MIA di MA Maarif Sukorejo Pasuruan, 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan buku ajar biologi berbasis problem solving terintegrasi nilai keislaman pada materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MIA di MA Maarif Sukorejo Pasuruan, 3) Mendeskripsikan efektivitas pengembangan buku ajar biologi berbasis problem solving terintegrasi nilai keislaman pada materi sistem gerak manusia untuk siswa kelas XI MIA di MA Maarif Sukorejo Pasuruan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu reserch and development (R&D), dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu premilinary research (analisis pendahuluan), development or prototyphing phase (fase pengembangan atau prototipe), dan assessment phase (fase penilaian).
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 98,38% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 93,5% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 87,50% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil validasi ahli tafsir Al-Qur’an dan Hadist memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Dan validasi pegguna oleh guru biologi memperoleh presentase sebesar 91,34% dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata dari angket respon siswa diperoleh hasil sebesar 87,1% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan keefektifan produk yang dikembangkan diperoleh dari hasil Uji T-Test dengan nilai 0,000 < 0,05 dengan kriteria sangat efektif, dan berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,70 dengan kriteria sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa buku ajar biologi yang dikembangkan berada pada tingkat sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060699 Physiology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fatimatus Zahroh UIN KHAS JEMBER
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:21
Last Modified: 28 Dec 2022 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

View Item View Item